PEMANFAATAN MODEL BELAJAR BERBASIS ANEKA SUMBER TERHADAP AKTIVITAS BELAJAR SISWA MATA PELAJARAN FIQIH MATERI KETENTUAN ISLAM TENTANG MAKANAN DAN MINUMAN KELAS VIII DI MTS PARADIGMA PALEMBANG.[SKRIPSI]

NURANI, ATI (2017) PEMANFAATAN MODEL BELAJAR BERBASIS ANEKA SUMBER TERHADAP AKTIVITAS BELAJAR SISWA MATA PELAJARAN FIQIH MATERI KETENTUAN ISLAM TENTANG MAKANAN DAN MINUMAN KELAS VIII DI MTS PARADIGMA PALEMBANG.[SKRIPSI]. Diploma thesis, UIN RADEN FATAH PALEMBANG.

[img]
Preview
Text
ATI NURANI (12210006).pdf

Download (1MB) | Preview

Abstract

Permasalahan dalam penelitian ini adalah: bagaimana aktivitas belajar siswa sebelum memanfaatkan model belajar berbasis aneka sumber? Bagaimanakah aktivitas belajar siswa setelah memanfaatkan model belajar berbasis aneka sumber? Apa sajakah dampak dari pemanfaatan model belajar berbasis aneka sumber terhadap aktivitas belajar siswa di MTs Paradigma Palembang? Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui aktivitas belajar siswa sebelum memanfaatkan model belajar berbasis aneka sumber, untuk mengetahui aktivitas belajar siswa setelah memanfaatkan model belajar berbasis aneka sumber, untuk mengetahui ada atau tidak dampak dari pemanfaatan model belajar berbasis aneka sumber. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VIII di MTs Paradigma Palembang yang berjumlah 64 siswa, dari tersebut diambil kelas VIII A dan VIII C sebagai sampel, dalam penentuan sampel ini menggunakan teknik Randem Sampling karena pengambilan anggota sampel dari populasi dilakukan secara acak tanpa memperhaikan strata yang ada dalam populasi itu. Jenis penelitian ini merupakan penelitian eksperimen (experimental research). Sumber data primer adalah kepala sekolah, guru dan siswa sebagai sampel penelitian. Sedangkan sumber sekunder adalah tenaga administrasi, buku-buku dan dokumentasi sekolah. Data diperoleh dengan metode wawancara, dokumentasi dan observasi. Terlebih dahulu data dikumpulkan, kemudian direkapitulasi, selanjutnya dianalisis dengan statistik yaitu dengan menggunakan rumus mean, standar deviasi, TSR dan persentase, serta uji t. Hasil penelitian yang peneliti lakukan berdasarkan hasil analisis nilai uji t di peroleh nilai thitung > ttabel atau 5,83 > 2,02 pada taraf signifikasi 5%. Maka H0 ditolak yang artinya terdapat dampak dari pemanfaatan model belajar berbasis aneka sumber terhadap aktivita sbelajar siswa mata pelajaran Fiqih materi ketentuan Islam tentang makanan dan minuman kelas VIII di MTs Paradigma Palembang.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? L1 ??
Depositing User: UPT Perpustakaan Pusat
Date Deposited: 24 Jul 2017 07:49
Last Modified: 24 Jul 2017 07:49
URI: http://repository.radenfatah.ac.id/id/eprint/1077

Actions (login required)

View Item View Item