PENGARUH METODE EDUTAINMENT DALAM MENINGKATKAN KUALITAS PROSES PEMBELAJARAN SEJARAH KEBUDAYAAN ISLAM (SKI) DI MTs.RAUDHATUL QUR’AN PAYARAMAN KABUPATEN OGAN ILIR

Haryati, Haryati (2020) PENGARUH METODE EDUTAINMENT DALAM MENINGKATKAN KUALITAS PROSES PEMBELAJARAN SEJARAH KEBUDAYAAN ISLAM (SKI) DI MTs.RAUDHATUL QUR’AN PAYARAMAN KABUPATEN OGAN ILIR. Undergraduate Thesis thesis, UNIVERSITAS ISLAM NEGERI (UIN) RADEN FATAH PALEMBANG.

[img]
Preview
Text
2_BAB 1.pdf

Download (601kB) | Preview

Abstract

Permasalahan yang akan dikaji pada penelitian ini yaitu: (1) Bagaimana kualitas proses pembelajaran siswa dengan menerapkan metode edutainment di MTs. Raudhatul Qur’an Payaraman? (2) Bagaimana kualitas proses pembelajaran siswa dengan tidak menerapkan metode edutainment di MTs. Raudhatul Qur’an Payaraman? (3) Adakah pengaruh metode edutainment dalam meningkatkan kualitas proses pembelajaran di MTs. Raudhatul Qur’an Payaraman? Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif, teknik pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan metode observasi, wawancara, angket dan dokumentasi, untuk analisis datanya menggunakan uji TSR dan rumus t atau = Data-data penelitian ini diambil dari siswa kelas VII MTs.Raudhatul Qur’an Payaraman yakni sebanyak 38 responden. Berdasarkan hasil yang diperoleh dari lapangan dan penghitungan menggunakan Uji TSR dan Rumus t atau dapat disimpulkan bahwa: Dengan membandingkan besarnya “t” yang diperoleh dalam perhitungan (thitung = 0,94) dan besarnya “t” yang tercantum pada tabel nilai t (5% = 2,03 dan 1% =2,72) maka dapat diketahui bahwa thitung adalah lebih besar dari pada ttabel yaitu: 2,03<3,09>2,72. Karena thitung yang diperoleh dalam perhitungan adalah lebih besar dari pada ttabel baik pada taraf signifikasi 5% maupun pada taraf signifikasi 1%, maka Hipotesis Alternatif diterima. Berarti pengaruh antara kualitas proses pembelajaran siswa dengan menggunakan metode edutainment pada kelas eksperimen dan pengaruhxv kualitas proses pembelajaran siswa dengan tidak menggunakan metode edutainment pada kelas kontrol terdapat perbedaan dan pengaruh yang sangat signifikan. Hasil ini membuktikan bahwa kualitas proses pembelajaran dengan menggunakan metode edutainment jauh lebih baik dari pada kualitas proses pembelajaran dengan tidak menggunakan metode edutainment. Kata Kunci : Metode Edutainment, Kualitas Proses Pembelajaran

Item Type: Thesis (Undergraduate Thesis)
Uncontrolled Keywords: Metode Edutainment Kualitas Proses Pembelajaran
Subjects: ?? L1 ??
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > 86208 - Pendidikan Agama Islam (S1)
Depositing User: fakultas tarbiyah dan keguruan
Date Deposited: 17 Sep 2021 03:45
Last Modified: 17 Sep 2021 03:45
URI: http://repository.radenfatah.ac.id/id/eprint/10778

Actions (login required)

View Item View Item