MEKANISME PERLINDUNGAN KESEHATAN KARYAWAN ATAS KLAIM KECELAKAAN KERJA DITINJAU DARI HUKUM EKONOMI SYARI’AH (Studi Kasus PT. Pembangunan Perumahan Urban Palembang)

PRATAMA, RIAN APRIANSAH (2019) MEKANISME PERLINDUNGAN KESEHATAN KARYAWAN ATAS KLAIM KECELAKAAN KERJA DITINJAU DARI HUKUM EKONOMI SYARI’AH (Studi Kasus PT. Pembangunan Perumahan Urban Palembang). Undergraduate Thesis thesis, UIN RADEN FATAH PALEMBANG.

[img]
Preview
Text
HALAMAN JUDUL.pdf

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (379kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB II.pdf

Download (465kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB III.pdf

Download (151kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB KESIMPULAN DAN SARAN.pdf

Download (190kB) | Preview

Abstract

Skripsi ini berjudul Mekanisme perlindungan kesehatan karyawan atas klaim kecelakaan kerja ditinjau dari hukum ekonomi syari‟ah (studi kasus PT.Pembangunan Perumahan Urban Palembang). Dengan latar belakang masalah bahwa dalam memenuhi kebutuhan hidupnya manusia perlu adanya akad, ijab dan kabul yang memperbolehkan manusia saling bertukar manfaatnya dengan adanya akad maka para pihak akan terikat akan hak dan kewajiban masing�masing sesuai dengan akad yang telah dibuat sebelumnya. PT.Pembangunan Perumahan Urban Palembang merupakan perusahaan yang bergerak dibidang konstruksi bangunan yang memiliki potensi resiko kecelakaan kerja yang sangat tinggi. Peneliti menemukan hal yang menjadi persoalan yang dapat dirumuskan, yaitu 1. Bagaimana mekanisme perlindungan kesehatan karyawan atas kecelakaan kerja di PT.Pembangunan Perumahan Urban Palembang 2. Bagaimana tinjauan hukum ekonomi syari‟ah terhadap perlindungan kesehatan karyawan atas klaim kecelakaan kerja. Penelitian ini menggunakan penelitian lapangan (field research) yaitu, dengan sumber data yang diperoleh dari kegiatan lapangan. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini berupa studi lapangan dengan menggunakan jenis data kualitatif yang didapat dari proses wawancara dengan pihak PT.Pembangunan Perumahan Urban Palembang dengan pertanyaan yang tidak terstruktur. Adapun metode pengumpulan data yang digunakan adalah bahan hukum primer dan sekunder Kemudian disimpulkan secara deduktif yaitu mendeskripsikan hasil umum ke khusus. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa 1. Bagaimana mekanisme perlindungan kesehatan karyawan atas kecelakaan kerja di PT.Pembangunan Perumahan Urban Palembang dalam perlindungan kesehatan atas klaim kecelakaan karyawan maka pihak perusahaan membentuk lembaga yang bertanggung jawab yaitu Safety Healthy Enveronment (SHE K3). Tugas nya untuk mengikut sertakan semua karyawan PT.PP Urban Palembang kepada BPJS Ketenagakerjaan yaitu jaminan kecelakaan kerja dan untuk staaf diberikan pilihan untuk memilih menggunakan BPJS atau biaya ditanggung perusahaan sebesar 70% dari kuitansi. 2. Bagaimana tinjauan hukum ekonomi syari‟ah terhadap perlindungan kesehatan karyawan atas klaim kecelakaan kerja Dalam konsep hukum ekonomi syariah semua hal yang memberikan perlindungan dalam aktivitas diperbolehkan, salah satunya perlindungan karyawan di PT. Pembangunan Perumahan Urban Palembang telah memberikan perlindungan terhadap diri atau jiwa agar terhindar dari bahaya. Sehingga tidak keluar dengan asas pertukaran manfaat (Tabadul al-manafi), asas suka sama suka atau kerelaaan („an taradhin) dan asas Kebaikan dan taqwa (al-birr wa al-taqwa). Kata kunci : Mekanisme Perlindungan, Kesehatan Karyawan, Hukum Ekonomi Syari’ah

Item Type: Thesis (Undergraduate Thesis)
Subjects: 300 Ilmu sosial, Sosiologi dan Antropologi > 300 Ilmu Sosial (Umum)
Divisions: Fakultas Syariah dan Hukum > 74234 - Hukum Ekonomi Syariah (Mu'amalah)
Depositing User: UPT Perpustakaan Pusat
Date Deposited: 17 Sep 2021 03:46
Last Modified: 17 Sep 2021 03:46
URI: http://repository.radenfatah.ac.id/id/eprint/10797

Actions (login required)

View Item View Item