PERAN KOMISI PERLINDUNGAN ANAK DAERAH (KPAD) KOTA PALEMBANG DALAM PENYELESAIAN PERKARA PIDANA ANAK (Study Kasus Wilayah Hukum Kota Palembang)

FEBRIANSYAH, FEBRIANSYAH (2018) PERAN KOMISI PERLINDUNGAN ANAK DAERAH (KPAD) KOTA PALEMBANG DALAM PENYELESAIAN PERKARA PIDANA ANAK (Study Kasus Wilayah Hukum Kota Palembang). Undergraduate Thesis thesis, UIN RADEN FATAH PALEMBANG.

[img]
Preview
Text
HALAMAN AWAL.pdf

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (323kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB II.pdf

Download (462kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB III.pdf

Download (147kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB V.pdf

Download (153kB) | Preview

Abstract

Anak memiliki hak yang telah diakui oleh UUD, namun semakin beragam pola masyarakat maka beragam pula masalah yang muncul bahkan anak-anak dapat melakukan tindakan yang melanggar “NORMA” masyarakat yang telah diatur, maka pemerintah menerapkan program Perlindungan Anak yang berdasar pada UU No 35 tahun 2014 menjadi benteng akan keselamatan serta perlindungan terhadap anak-anak Indonesia. Permasalahan yang diangkat yaitu “Peran Komisi Perlindungan Anak Daerah (KPAD) Kota Palembang dalam Penyelesaian Perkara Pidana Anak” apakah telah efektif serta masih adakah kendalah-kendala yang didapati dalam tata pelaksanaan di masyarakat kota Palembang. Jenis penelitian yang digunakan dalam penelitian skripsi ini adalah deskriftif analitis yang dimana mempelajari buku-buku pada perpustakaan hukum, karya ilmiah hukum baik itu berbasis buku, jurnal online, undang-undang maupun skripsi terdahulu, selain itu juga melakukan penelitian di lapangan dengan metode analisis kualitatif yang memusatkan pada prinsip-prinsip umum yang mendasari gejala-gejala sosial budaya bersangkutan, akhirnya memperoleh gambaran sosial masyarakat sesungguhnya dimana dengan data-data relevan yang menjadi bahan pembahasan bersama dengan KPAD kota Palembang. Hasil penelitian mengenai peran dari KPAD Kota Palembang yaitu sebagai Penerimaan laporan, Pendamping dalam proses hukum, Mediator serta berperan aktif mengadakan kegiatan sosialisasi akan pentingnya perlindungan anak, selain itu KPAD dengan program membangun jaringan antar Lembaga dan Institusi lain untuk mendapat dukungan serta support menjadikan perlindungan anak hal utama dibangun secara bersama, Harapannya Indonesia memiliki generasi yang baik mental dan moral serta dapat ikut berkontribusi dalam pembangunan Negara. KATA KUNCI : Anak, Perlindungan Anak, KPAD Pelembang

Item Type: Thesis (Undergraduate Thesis)
Subjects: 300 Ilmu sosial, Sosiologi dan Antropologi > 300 Ilmu Sosial (Umum)
Divisions: Fakultas Syariah dan Hukum > 74231 - Hukum Pidana Islam (Jinayah)
Depositing User: UPT Perpustakaan Pusat
Date Deposited: 17 Sep 2021 03:46
Last Modified: 17 Sep 2021 03:46
URI: http://repository.radenfatah.ac.id/id/eprint/10803

Actions (login required)

View Item View Item