EFEKTIVITAS GURU PAI MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA MELALUI METODE MAKE A MATCH PADA MATERI MENGENAL NAMA DAN TUGAS MALAIKAT PADA KELAS IV SD NEGERI 07 PAYARAMAN KECAMATAN PAYARAMAN KABUPATEN OGAN ILIR

UTAMI, SINTA TRI (2014) EFEKTIVITAS GURU PAI MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA MELALUI METODE MAKE A MATCH PADA MATERI MENGENAL NAMA DAN TUGAS MALAIKAT PADA KELAS IV SD NEGERI 07 PAYARAMAN KECAMATAN PAYARAMAN KABUPATEN OGAN ILIR. Undergraduate Thesis thesis, UIN RADEN FATAH PALEMBANG.

[img] Text
skripsi asli galonyo.docx

Download (38kB)

Abstract

Penelitian ini berjudul “Upaya guru PAI dalam meningkatkan hasil belajar siswa pada materi mengenal nama dan tugas malaikat melalui metode Make a Match kelas IV di SD Negeri 07 Payaraman”. Batasan penelitian ini adalah bagaimana Upaya Guru PAI dalam meningkatkan hasil belajar siswa pada mata pelajaran Aqidah akhlak melalui metode Make a Match hanya pada kelas IV SD Negeri 07 Payaraman saja.     Rumusan masalah adalah bagaimana Upaya Guru PAI dalam meningkatkan hasil belajar siswa pada mata pelajaran Aqidah akhlak melalui metode Make a Match pada kelas IV SD Negeri 07 Payaraman dan apakah dengan menggunakan metode make a match Pada Materi Mengenal Nama dan Tugas Malaikat dapat Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Kelas IV SD Negeri 07 Payaraman. Adapun populasi dan sampel dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas IV SD Negeri 07 Payaraman yang berjumlah 36 siswa. Hasil dari penelitian sebagai berikut : pertama Upaya Guru PAI dalam proses pembelajaran harus bervariasi menggunakan metode pembelajaran untuk menghindari kejenuhan siswa. Dengan metode make a match dapat memupuk kerja sama siswa dalam menjawab pertanyaan dengan mencocokkan kartu yang yang ada di tangan mereka, proses pembelajaran lebih menarik dan nampak sebagian besar siswa lebih antusias mengikuti proses pembelajaran, dan keaktifan siswa tampak sekali pada saat siswa mencari pasangan kartunya masing-masing. Kedua Hasil belajar siswa SDN 07 Payaraman adalah kategori yang dapat dilihat, yaitu 5 (10%) menyatakan hasil belajar siswa dikategorikan tinggi, 26 (80%) responden dalam kategori sedang dan 5 (10%) termasuk kategori rendah.

Item Type: Thesis (Undergraduate Thesis)
Subjects: ?? L1 ??
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > 86208 - Pendidikan Agama Islam (S1)
Depositing User: UPT Perpustakaan Pusat
Date Deposited: 17 Sep 2021 03:46
Last Modified: 17 Sep 2021 03:46
URI: http://repository.radenfatah.ac.id/id/eprint/10806

Actions (login required)

View Item View Item