TINJAUAN HUKUM EKONOMI SYARIAH TERHADAP IMPLEMENTASI TARIF RETRIBUSI SAMPAH PADA PERATURAN DAERAH KOTA PALEMBANG NOMOR 27 TAHUN 2011 TENTANG PENGELOLAAN DAN PELAYANAN RETRIBUSI PERSAMPAHAN: STUDI DI PERUMAHAN OGAN PERMATA INDAH JAKABARING PALEMBANG

Haryati, Sri (2019) TINJAUAN HUKUM EKONOMI SYARIAH TERHADAP IMPLEMENTASI TARIF RETRIBUSI SAMPAH PADA PERATURAN DAERAH KOTA PALEMBANG NOMOR 27 TAHUN 2011 TENTANG PENGELOLAAN DAN PELAYANAN RETRIBUSI PERSAMPAHAN: STUDI DI PERUMAHAN OGAN PERMATA INDAH JAKABARING PALEMBANG. Undergraduate Thesis thesis, UIN RADEN FATAH PALEMBANG.

[img]
Preview
Text
SKRIPSI SRI HARYATI.pdf

Download (1MB) | Preview

Abstract

Skripsi yang berjudul “Tinjauan Hukum Ekonomi Syariah terhadap Implementasi Tarif Retribusi Sampah pada Peraturan Daerah Kota Palembang Nomor 27 Tahun 2011 Tentang Pengelolaan dan Pelayanan Retribusi Persampahan: Studi di Perumahan Ogan Permata Indah Jakabaring Palembang”. Peraturan Daerah Kota Palembang tentang pengelolaan dan pelayanan retribusi persampahan sifatnya mengikat, namun dalam implementasinya di Perumahan Ogan Permata Indah Jakabaring Palembang mememungut sama rata tarif retribusi sampah untuk seluruh tipe rumah dan hal ini tentu tidak sesuai ketetapan Peraturan Daerah tersebut. Seharusnya penetapan tarif mengacu kepada ketetapan peraturan yang berlaku. Maka permasalahan dalam skripsi ini adalah: (1) Bagaimana implementasi penetapan tarif retribusi sampah di Perumahan Ogan Permata Indah Jakabaring Palembang di tinjau dari Peraturan Daerah Kota Palembang Nomor 27 Tahun 2011. (2) Bagaimana tinjauan hukum ekonomi syari‟ah terhadap implementasi penetapan tarif retribusi sampah di Perumahan Ogan Permata Indah Jakabaring Palembang. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian hukum normatif-empiris. Sumber data yang digunakan dalam penelitian ini adalah data primer dan data sekunder, dengan metode pengumpulan data wawancara (interview) dan dokumentasi. Setelah data terkumpul penulis melakukan analisa data dengan menggunakan metode kualitatif dan disimpulkan secara deduktif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa (1) Implementasi penetapan tarif retribusi sampah di Perumahan Ogan Permata Indah Jakabaring Palembang di tinjau dari Peraturan Daerah Kota Palembang Nomor 27 Tahun 2011 tidak sesuai karena memungut sama rata tarif retribusi sampah untuk seluruh tipe rumah dan hal ini tentu tidak adil bagi yang mempunyai tipe rumah 36. Penyebab terjadinya kesenjangan tarif retribusi sampah itu untuk biaya operasional dan pemeliharaan. Besarnya biaya itu tidak dapat memenuhi biaya operasional dan pemeliharaan dalam pelayanan persampahan. Oleh karena itu, mereka menetapkan sendiri kenaikkan ongkos retribusi sampah. (2) Menurut tinjauan hukum ekonomi syariah terhadap implementasi penetapan tarif retribusi sampah di Perumahan Ogan Permata Indah Jakabaring viii Palembang tersebut tidak bertentangan dengan hukum ekonomi syariah karena rukun dan syarat ijarah sudah terpenuhi.

Item Type: Thesis (Undergraduate Thesis)
Subjects: Syariah dan Hukum > Hukum (Umum)
Divisions: Fakultas Syariah dan Hukum > 74234 - Hukum Ekonomi Syariah (Mu'amalah)
Depositing User: UPT Perpustakaan Pusat
Date Deposited: 17 Sep 2021 03:47
Last Modified: 17 Sep 2021 03:47
URI: http://repository.radenfatah.ac.id/id/eprint/10820

Actions (login required)

View Item View Item