MENGITARI KUBURAN PUYANGMENURUT HUKUM ISLAM DAN HUKUM ADAT SEBELUM AKAD PERNIKAHAN DI DESA PANTA DEWAKECAMATAN TALANG UBI KABUPATENPENUKAL ABAB LEMATANG ILIR (PALI)

Zaki Yuddin, Aflah (2019) MENGITARI KUBURAN PUYANGMENURUT HUKUM ISLAM DAN HUKUM ADAT SEBELUM AKAD PERNIKAHAN DI DESA PANTA DEWAKECAMATAN TALANG UBI KABUPATENPENUKAL ABAB LEMATANG ILIR (PALI). Undergraduate Thesis thesis, UIN RADEN FATAH PALEMBANG.

[img]
Preview
Text
WISUDA ZAKI 2019.pdf

Download (1MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini berjudul tradisi Mengitari Kuburan Puyang Menurut Perspektif Hukum Islam tradisi ini menjadi pusat perhatian masyarakat sekitar. Dalam upacara tersebut terdapat beberapa hal menarik yang tidak akan dijumpai pada saat upacara di daerah lain. Pihak mempelai pria dan mempelai perempuan sebelum diakad nikahkan mereka disuruh oleh tokoh adat untuk Mengitari Kuburan Puyang karena masyarakat setempat beranggapan upacara tersebut meminta restu dan izin kepada upacara pernikahan nantinya. Upacara tradisi sebelum pernikahan ini menarik diteliti karena beberapa masalah yang ada di dalamnya. Diantaranya, bagaimana pelaksanaan upacara tradisi Mengitari Kuburan Kuyang di Desa Panta Dewa Kecamatan Talang Ubi? Bagaimana pandangan Islam tentang pelaksanaan mengitari kuburan puyang di Desa Panta Dewa? Beberapa masalah di atas merupakan sesuatu yang unik dan berbeda dengan adat suku bangsa lain di Indonesia. Penelitian ini mengambil lokasi di Desa Panta Dewa Kecamatan Talang Ubi Kabupaten Penukal Abab Lematang Ilir (PALI) Provinsi Sumatera Selatan. Metode pengumpulan data dalam penelitian ini dilakukan dengan tehnik observasi dan wawancara. Dalam penelitian ini, peneliti menggunakan jenis kualitatif karena penelitian ini termasuk dalam penelitian budaya. Hasil dari penelitian ini adalah dalam upacara adat di Desa Panta Dewa Kecamatan Talang Ubi Kabupaten Penukal Abab Lematang Ilir, dilaksanakan dalam beberapa tahapan, yaitu: menggunakan pakaian adat sumatera selatan, mengitari makam puyang, sambutan dirumah. Simbol atau lambang-lambang sebagai sarana untuk memuat pesan-pesan atau nasehat-nasehat bagi masyarakat pendukungnya. Makna-makna yang mengandung pesan tersebut, diperlukan suatu pemahaman tersendiri yang bisa menangkap secara substansi nilai-nilai yang di wariskan leluhur. Tradisi Mengitari Makam Puyang di Desa Panta Dewa Kecamatan Talang Ubi Kabupaten Penukal Abab Lematang Ilir (PALI) diharapkan dapat bermanfaat bagi yang ingin mengetahui lebih jauh tentang Upacara Tradisi Mengitari Makam Puyang.

Item Type: Thesis (Undergraduate Thesis)
Subjects: Syariah dan Hukum > Hukum (Umum)
Divisions: Fakultas Syariah dan Hukum > 74233 - Perbandingan Mazhab
Depositing User: UPT Perpustakaan Pusat
Date Deposited: 17 Sep 2021 03:47
Last Modified: 17 Sep 2021 03:47
URI: http://repository.radenfatah.ac.id/id/eprint/10826

Actions (login required)

View Item View Item