PENGARUH FAKTOR LINGKUNGAN KELUARGA DAN PENGETAHUAN KEWIRAUSAHAAN TERHADAP MINAT BERWIRAUSAHA MAHASISWA PROGRAM STUDI EKONOMI ISLAM UIN RADEN FATAH PALEMBANG

Wagito, Wagito (2016) PENGARUH FAKTOR LINGKUNGAN KELUARGA DAN PENGETAHUAN KEWIRAUSAHAAN TERHADAP MINAT BERWIRAUSAHA MAHASISWA PROGRAM STUDI EKONOMI ISLAM UIN RADEN FATAH PALEMBANG. Undergraduate Thesis thesis, UIN RADEN FATAH PALEMBANG.

[img]
Preview
Text
Skripsi Wagito.pdf

Download (1MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana pengaruh faktor lingkungan keluarga dan pengetahuan kewirausahaan terhadap minat berwirausaha mahasiswa Program Studi Ekonomi Islam angkatan 2012 UIN Raden Fatah Palembang. Penelitian ini termasuk jenis penelitian kuantitatif dengan penarikan kesimpulan melalui analisis statistik menggunakan alat bantu SPSS 22,0 for windows. Data yang digunakan adalah data primer melalui angket dan dokumentasi. Teknik pengambilan sampel adalah menggunakan teknik Accidental Sampling yang dihitung menggunakan rumus slovin. Teknik analisis data yang digunakan adalah analisis regresi linier berganda, asumsi klasik, uji T, uji F,uji R2 . Hasil penelitian ini memperoleh persamaan garis regresi: Y= 9,651 + 0.319 X1 + 0.273 X2. Persamaan menunjukan bahwa minat berwirausaha mahsiswa Program Studi Ekonomi Islam angkatan 2012 UIN Raden Fatah Palembang dipengaruhi oleh variabel lingkungan keluarrga dan pengetahuan kewirausahaan. Hasil uji t menunjukan nilai t hitung > t tabel dan nilai signifikan lebih kecil daripada 0,05 dari masing-masing variabel independen terhadap variabel dependen, yang artinya lingkungan keluarga dan pengetahuan kewirausahaan secara persial berpengaruh positif dan signifikan terhadap minat berwirausaha mahasiswa. Hasil uji F menunjukan nilai F hitung > F tabel , yaitu 18,146 > 3,13 dan nilai sig. F lebih kecil dari pada 0,05 yaitu 0,000 < 0,05, yang artinya lingkungan keluarga dan pengetahuan kewirausahaan secara bersama-sama (silmutan) berpengaruh positif dan signifikan terhadap minat berwirausaha mahasiswa. Hasil uji koefisien determinasi ( Adjusted R Square) sebesar 0,323 menunjukan bahwa besarnya pengaruh antara lingkungan keluarga dan pengetahuan kewirausahaan terhadap minat mahasiswa untuk berwirausaha adalah sebesar 32,3%, sedangkan sisanya 67,7% dipengaruhi oleh variabel lain diluar penelitian ini.

Item Type: Thesis (Undergraduate Thesis)
Subjects: 300 Ilmu sosial, Sosiologi dan Antropologi > 300 Ilmu Sosial (Umum)
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam
Depositing User: UPT Perpustakaan Pusat
Date Deposited: 17 Sep 2021 03:49
Last Modified: 17 Sep 2021 03:49
URI: http://repository.radenfatah.ac.id/id/eprint/10831

Actions (login required)

View Item View Item