PENERAPAN MEDIA PEMBELAJARAN APLIKASI FREEMIND DALAM MENINGKATKAN MOTIVASI BELAJAR SISWA KELAS X PADA MATERI HAJI DI SMA NEGERI 1 PAMPANGAN OKI

Pasya, Yoan Depo Yantie (2020) PENERAPAN MEDIA PEMBELAJARAN APLIKASI FREEMIND DALAM MENINGKATKAN MOTIVASI BELAJAR SISWA KELAS X PADA MATERI HAJI DI SMA NEGERI 1 PAMPANGAN OKI. Undergraduate Thesis thesis, UNIVERSITAS ISLAM NEGERI (UIN) RADEN FATAH PALEMBANG.

[img]
Preview
Text
BAB 1.pdf

Download (355kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB 5.pdf

Download (53kB) | Preview

Abstract

Media sangat dibutuhkan dalam proses pembelajaran karena media dapat membantu menyederhanakan pesan-pesan abstrak yang akan disampaikan kepada siswa sehingga mudah dipahami. Berdasarkan observasi yang dilakukan oleh peneliti di SMA Negeri 1 Pampangan OKI pada tanggal 13 Agustus 2018, diketahui bahwa tingkat motivasi siswa tergolong rendah karena guru Pendidikan Agama Islam hanya menggunakan papan tulis dan karton sebagai media pembelajaran. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah siswa akan termotivasi dengan menerapkan aplikasi Freemind dalam mata pelajaran PAI materi haji kelas X di SMA negeri 1 Pampangan OKI. Subjek dalam penelitian ini adalah siswa kelas X IPA 2 sebagai kelas eksperimen dan siswa kelas X IPA 3 sebagai kontrol. Jumlah seluruh subjek penelitian sebanyak 80 orang Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat perbedaan motivasi belajar siswa kelas eksperimen dan kontrol. Motivasi siswa pada kelas eksperimen dikategorikan sedang. Hal ini dapat kita lihat dari penyebaran angket pada 40 orang siswa, siswa yang dikategorikan tinggi berjumlah 7 orang (17,5%), yang dikategorikan sedang 29 orang ( 69,5%) dan yang dikategorikan rendah 4 orang (13%). Motivasi kelas kontrol dikategorikan tinggi 7 orang (17,5%), yang dikategorikan sedang 26 orang (65%), dan yang dikategorikan rendah 7 orang (17,5%). Setelah dilakukan analisis data, maka dapat diketahui bahwa motivasi belajar kelas eksperimen lebih tinggi dari pada motivasi belajar siswa kelas kontrol. Hasil analisis data penyebaran angket dengan menggunakan rumus Uji-t mununjukkan bahwa thitung > ttabel yaitu 1,99 < 7,5 > 2,64. Oleh karena itu, Ha diterima dan H0 ditolak. Hal ini berarti terdapat peningkatan motivasi belajar dengan diterapkan media pembelajaran aplikasi Freemind pada mata pelajaran PAI materi haji kelas X di SMA negeri 1 Pampangan OKI. Keywords :Pendidikan Islam, Pembelajaran, Freemind

Item Type: Thesis (Undergraduate Thesis)
Uncontrolled Keywords: Pendidikan Islam Pembelajaran Freemind
Subjects: ?? L1 ??
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > 86208 - Pendidikan Agama Islam (S1)
Depositing User: fakultas tarbiyah dan keguruan
Date Deposited: 17 Sep 2021 04:22
Last Modified: 17 Sep 2021 04:22
URI: http://repository.radenfatah.ac.id/id/eprint/10846

Actions (login required)

View Item View Item