TINJAUAN HUKUM ISLAM TERHADAP PRAKTEK POLIGAMI (Studi Kasus Terhadap Pelaku Poligami di Desa Danau Rata Kecamatan Sungai Rotan Kabupaten Muara Enim)

Purmatasari, Wika (2017) TINJAUAN HUKUM ISLAM TERHADAP PRAKTEK POLIGAMI (Studi Kasus Terhadap Pelaku Poligami di Desa Danau Rata Kecamatan Sungai Rotan Kabupaten Muara Enim). Undergraduate Thesis thesis, UIN Raden Fatah Palembang.

[img]
Preview
Text
Wika Purmatasari.pdf

Download (991kB) | Preview

Abstract

Poligami yang terjadi di masyarakat Desa Danau Rata kecamatan Sungai Rotan Kabupaten Muara Enim lebih banyak difaktori alasan fisik istri, suami beranggapan bahwa usia istri yang sudah tidak muda lagi membuat suami tidak tertarik lagi. sehingga suami berniat berpoligami dan ingin mencari yang lebih muda usianya di banding istri pertama. Pernikahan poligami mereka lebih banyak dilakukan dibawah tangan dengan alasan sulitnya prosedur yang ditetapkan Undang-undang, sehingga mereka harus memilih jalan nikah sirri. Metode yang digunakan dalam penelitian ini yaitu terjun langsung kelokasi untuk memperoleh data (field research) dan penelitian ini bersifat deskriptif analitik, pendekatan yang digunakan adalah pendekatan normatif. Kesimpulan dari hasil penelitian ini adalah bahwa terjadinya poligami pada masyarakat Desa Danau Rata Kecamatan Sungai Rotan Kabupaten Muara Enim terdapat beberapa faktor yang menyebabkan para pelaku poligami tidak memperhatikan syarat-syarat poligami yang ada dalam hukum Islam maupun hukum positif. pertama, langkanya sosialisasi Undang-undang Perkawinan dari badan yang membidanginya ,kedua, pendapat-pendapat tokoh masyarakat setempat yang mempermudah masalah poligami ketiga, rumitnya prosedur perjanjian poligami. Kata kunci: Pernikahan, Poligami, Sirri.

Item Type: Thesis (Undergraduate Thesis)
Subjects: ?? BL ??
Syariah dan Hukum > Hukum (Umum)
Divisions: Fakultas Syariah dan Hukum > 74230 - Hukum Keluarga Islam (Ahwal Syakhshiyyah)
Depositing User: UPT Perpustakaan Pusat
Date Deposited: 17 Sep 2021 04:23
Last Modified: 17 Sep 2021 04:23
URI: http://repository.radenfatah.ac.id/id/eprint/10856

Actions (login required)

View Item View Item