TAREKAT SEBAGAI SISTEM PENDIDIKAN TASAWUF (Studi Karakteristik Sistem Pendidikan Tarekat Qadiriyah Wa Naqsabandiyah di Kabupaten Ogan Komering Ilir)

SHOLIKHIN, AGUS (2019) TAREKAT SEBAGAI SISTEM PENDIDIKAN TASAWUF (Studi Karakteristik Sistem Pendidikan Tarekat Qadiriyah Wa Naqsabandiyah di Kabupaten Ogan Komering Ilir). Doctoral thesis, UIN RADEN FATAH PALEMBANG.

[img]
Preview
Text
Disertasi Lengkap Pak Agus Sholikhin.pdf

Download (2MB) | Preview

Abstract

Penelitian Disertasi ini berjudul Tarekat Sebagai Sistem Pendidikan Tasawuf (Studi Karakteristik Sistem Pendidikan Tarekat Qodiriyah Wa Naqsabandiyah di Kabupaten Ogan Komering Ilir). Hal ini dilatar belakangi oleh tumbuh dan berkembangnya hasrat pada spiritualisme atau tasawuf di masyarakat dalam bentuk ajaran tarekat. Ajaran tasawuf yang dulunya bersifat eksklusif dan individual yang hanya bisa dipelajari oleh orang-orang khusus, dalam perkembanganya mengalami pergeseran sehingga bersifat inklusif dan komunal/kelompok yang bisa dipelajari oleh semua kalangan umat Islam. Tumbuhnya Majlis-majlis tasawuf menjadi embrio terbentuknya institusi-institusi non formal tasawuf yang disebut tarekat. Tarekat Qadiriyah wa Naqsabandiyah (TQN) merupakan salah satu intitusi pendidikan tasawuf yang di dalamnya terdiri dari komponen�komponen pendidikan yang bekerja secara sistemik. Sehingga rumusan masalahnya adalah bagaimana karakteristik dalam sistem pendidikan tasawuf Tarekat Qadiriyah wa Naqsabandiyah yang meliputi aspek; Tujuan Pendidikan, Pendidik, Peserta didik, Proses Pendidikan, Kurikulum dan evaluasi. Penelitan ini merupakan jenis penelitian lapangan (Field Reseach), sedangkan pendekatan penelitian yang penulis gunakan adalah sosiologis. Penelitian ini termasuk penelitian deskriptif�kualitatif. Dalam pengumpulan data, penulis menggunakan sumber data primer dan skunder yaitu mursyid tarekat, murid (Jamaah/pengikut), pengurus JATMAN Provinsi dan Kabupaten, serta buku-buku panduan TQN. Teknik pengumpulan data yaitu dengan teknik wawancara, observasi, dan dokumentasi. Setelah data-data diperoleh, kemudian dianalisis menggunakan metode deskriptif�kualitatif dengan teknisnya yakni pengumpulan data, proses pemilihan data (reduksi data), penayajian data (display data), dan penarikan kesimpulan. Penelitian ini menemukan bahwa di dalam Tarekat Qadiriah Wa Naqsyabandiyah Ogan Komering Ilir, terdapat komponen�komponen pendidikan yang bekerja secara sistemik, diantaranya xix adalah: Tujuan Pendidikan yang memiliki karakteristik Ritualis perfektif, menjadi seorang al’Abid al Kamil,Pendidik yang memiliki karakteristik (Teacher Centered), mursyid (guru tarekat) menjadi pengendali utama dalam pendidikan, Peserta didik yang memiliki karakteristik Resignation Religious yaitu Penyerahan diri sepenuhnya/memiliki keyakinan yang kuat terhadap bimbingan spiritual yang diberikan oleh mursyid dalam bentuk (Rabithah dan Wasilah).Proses Pendidikan yang memiliki karakteristik Religious Internalisation yaitu internalisasi nilai-nilai keagamaan melalui Dzikrullah (Dzikir Darajah dan Khasanah), dan dengan metode Takhalli, Tahalli dan Tajalli.Kurikulum yang memiliki karakteristik Subjek Eksperiance Oriented yaitu berorientasi pada pengalaman�pengalaman rohani murid melalui amaliah dan ajaran tarekat (Dzikir darajah, Tawajuhan, Khataman, Manaqiban dan Dzikir Hasanah). Evaluasi yang memiliki karakteristik Kolegial Personal dalam pengertian evaluasi berbasis kelembagaan (kolegial) dan evaluasi individu (personal) dalam artian berdasarkan kondisi spiritual/batiniyah murid melalui isyarah mursyid. Dengan temuan diatas maka kontribusi terpenting dalam penelitian ini adalah Secara praktis, disertasi ini menunjukkan bahwa keberadaan lembaga pendidikan tasawuf tarekat Qadiriyah wa Naqsabandiyah (TQN) di Kab. Ogan Komering Ilir merupakan salah satu institusi pendidikan Keagamaan Islam yang memiliki aspek�aspek manajemen dan fokus terhadap pembinaan rohani masyarakat sehingga mampu melahirkan karakter masyarakat yang positif dalam menghadapi derasnya arus nilai-nilai globalisasi/peradaban modern dimasa sekarang ini.

Item Type: Thesis (Doctoral)
Subjects: ?? BL ??
Divisions: Pascasarjana > Program Doktoral > 86008 - Pendidikan Agama Islam (S3)
Depositing User: UPT Perpustakaan Pusat
Date Deposited: 17 Sep 2021 04:23
Last Modified: 17 Sep 2021 04:23
URI: http://repository.radenfatah.ac.id/id/eprint/10858

Actions (login required)

View Item View Item