PENGARUH PENGGUNAAN SOFTWARE HADITS TERHADAP PRESTASI BELAJAR TAKHRIJ AL-HADITS MAHASISWA PAI KONSENTRASI AL-QUR’AN HADITS ANGKATAN 2016 UIN RADEN FATAH PALEMBANG

LESTARI, RIZKY (2020) PENGARUH PENGGUNAAN SOFTWARE HADITS TERHADAP PRESTASI BELAJAR TAKHRIJ AL-HADITS MAHASISWA PAI KONSENTRASI AL-QUR’AN HADITS ANGKATAN 2016 UIN RADEN FATAH PALEMBANG. Undergraduate Thesis thesis, UNIVERSITAS ISLAM NEGERI (UIN) RADEN FATAH PALEMBANG.

[img]
Preview
Text
2. Bab I.pdf

Download (497kB) | Preview
[img]
Preview
Text
6. Bab V.pdf

Download (400kB) | Preview

Abstract

Penggunaan software hadits sebagai salah satu media pembelajaran pada mata kuliah Takhrij Al-Hadits belum sepenuhnya optimal. Sehingga menyebabkan rendahnya prestasi belajar mahasiswa pada mata kuliah ini, antara lain: mahasiswa menjadi malas dan kurang bersungguh-sungguh melakukan upaya takhrij hadits dengan benar dan sesuai dengan panduan. Penelitian ini bertujuan untuk mendapatkan informasi objektif mengenai ada tidaknya pengaruh penggunaan software hadits terhadap prestasi belajar Takhrij Al-Hadits pada mahasiswa PAI konsentrasi AlQur’an Hadits angkatan 2016 UIN Raden Fatah Palembang. Metode yang digunakan pada penelitian ini, yaitu metode kuantitatif dengan menggunakan deskriptif analisis. Dari hasil penelitian yang diperoleh, data dianalisis secara deskriptif. Lalu, untuk mengetahui pengaruh penggunaan software hadits dianalisis dengan rumus korelasi Product Moment. Hal ini digunakan untuk mengetahui korelasi antar kedua variabel tersebut. Selanjutnya diperiksa “r” product moment dengan Df = 40, pada taraf 5% diperoleh rtab = 0,312, sedangkan pada taraf 1% diperoleh rtab = 0,403. Ternyata, r xy = 0,77 adalah lebih besar dari rtab(0,312 dan 0,403). Karena rxy lebih besar daripada rtab, maka Ha diterima dan Ho ditolak. Dengan demikian, dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh yang kuat atau tinggi antara penggunaan software Hadits dengan prestasi belajar Takhrij Al-Hadits pada mahasiswa PAI Konsentrasi AlQur’an Hadits Angkatan 2016 UIN Raden Fatah Palembang. Kata Kunci: Software Hadits, Takhrij Al-Hadits, Prestasi Belajar.

Item Type: Thesis (Undergraduate Thesis)
Uncontrolled Keywords: Software Hadits Takhrij Al-Hadits Prestasi Belajar.
Subjects: ?? L1 ??
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > 86208 - Pendidikan Agama Islam (S1)
Depositing User: fakultas tarbiyah dan keguruan
Date Deposited: 17 Sep 2021 04:23
Last Modified: 17 Sep 2021 04:23
URI: http://repository.radenfatah.ac.id/id/eprint/10861

Actions (login required)

View Item View Item