PERBEDAAN HASIL BELAJAR SISWA YANG MENGIKUTI TPA DAN SISWA YANG TIDAK MENGIKUTI TPA PADA MATA PELAJARAN Al-QUR’AN HADITS KELAS II DI MADRASAH IBTIDAIYAH AL-MASHRI PANGKALAN BALAI

ZUHRIAH, FATIMATUS (2016) PERBEDAAN HASIL BELAJAR SISWA YANG MENGIKUTI TPA DAN SISWA YANG TIDAK MENGIKUTI TPA PADA MATA PELAJARAN Al-QUR’AN HADITS KELAS II DI MADRASAH IBTIDAIYAH AL-MASHRI PANGKALAN BALAI. Undergraduate Thesis thesis, UIN RADEN FATAH PALEMBANG.

[img] Text
BAB I.docx

Download (55kB)
[img] Text
BAB II.docx

Download (54kB)
[img] Text
BAB III.docx

Download (51kB)
[img] Text
BAB V fatimah.doc

Download (32kB)

Abstract

Pendidikan adalah usaha sadar dan bertujuan untuk mengembangkan kualitas manusia. Sebagai suatu kegiatan yang sadar akan tujuan, maka dalam pelakanaannya berada suatu proses yang berkesinambungan dalam setiap jenis dan jenjang pendidikan, agar tujuan pembelajaran dapat tercapai sesuai dengan yang diharapkan. Penelitian ini dilakukan di MI Al-Mashri Pangkalan Balai Masalah dalam penelitian ini adalah bagaimana hasil belajar Qur’an Hadits siswa yang mengikuti TPA, bagaimana hasil belajar Qur’an Hadits siswa yang tidak mengikuti TPA, adakah perbedaan hasil belajar Qur’an Hadits antara siswa yang mengikuti TPA dengan siswa yang tidak mengikuti TPA. Penelitian ini bertujuan untuk melihat hasil belajar siswa yang megikuti TPA dan siswa yang tidak mengikuti TPA pada mata pelajaran AL-Qur’an hadits kelas II di MI Al-Mashri Pangkalan Balai. Penelitian dilakukan di MI Al-Mashri Pangkalan Balai pada tahun 2015. Adapun populasi dalam penelitian ini seluruh siswa yang ada di MI Al-Mashri Pangkalan Balai sedangkan sampel terdiri dari seluruh siswa kelas II di MI Al-Mashri Pangkalan Balai. Jenis penelitian ini adalah eksperimental. Penelitian eksperimental adalah penelitian untuk menguji sebab, akibat antara variabel melalui manipulasi, pengendalian, dan pengamatan. Setelah melakukan analisis maka didapatlah Pencapaian hasil belajar Qur’an Hadits siswa yang mengikuti TPA di MI Al-Mashri Pangkalan Balai tergolong tinggi sebanyak 8 orang (26,67%), yang tergolong sedang sebanyak 16 orang ( 53,33%), dan yang tergolong rendah sebanyak 6 orang (20%). Sedangkan Pencapaian hasil belajar Qur’an Hadits siswa yang tidak mengikuti TPA di MI AL-Mashri Pangkalan Balai tergolong tinggi sebanyak 8 orang (33 %), yang tergolong sedang sebanyak 11 orang (44%), sedangkan yang terglong rendah sebanyak 6 orang ( 24%). Dengan demikian ada perbedaan antara pencapaian hasil belajar Al-Qu’an Hadits siswa yang mengikuti TPA dengan siswa yang tidak mengikuti TPA. Berdasarkan analisa statistik, bahwa t analisa lebih besar dari pada t tabel, yang mana pada taraf signifikansi 5% di dapat nilai sebesar 2,01 sedangkan pada taraf signifikansi 1% didapat nilai sebesar 2,68. Dengan demikian dapat dilambangkan 2,01 < 0,64 < 2,68. Hal ini menunjukkan bahwa tidak ada perbedaan hasil belajar yang signifikan antara siswa yang mengikuti TPA dengan siswa yang tidak mengikuti TPA pada mata pelajaranAl-Qur’an Hadits kelas II di MPI Al-Mashri Pangkalan Balai.

Item Type: Thesis (Undergraduate Thesis)
Subjects: ?? LB ??
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > 86208 - Pendidikan Agama Islam (S1)
Depositing User: UPT Perpustakaan Pusat
Date Deposited: 17 Sep 2021 04:25
Last Modified: 17 Sep 2021 04:25
URI: http://repository.radenfatah.ac.id/id/eprint/10883

Actions (login required)

View Item View Item