PENERAPAN AKAD WADI’AH YAD DHAMANAH DALAM PENGELOLAAN TABUNGAN FAEDAH PADA BRI SYARIAH KANTOR CABANG PEMBANTU KENTEN PALEMBANG

CANDRA, HAIRUL (2016) PENERAPAN AKAD WADI’AH YAD DHAMANAH DALAM PENGELOLAAN TABUNGAN FAEDAH PADA BRI SYARIAH KANTOR CABANG PEMBANTU KENTEN PALEMBANG. Diploma thesis, UIN Raden Fatah Palembang.

[img]
Preview
Text
cover.pdf

Download (181kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bismillah bab 1-5.pdf

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text
ABSTRAK.pdf

Download (231kB) | Preview

Abstract

Penerapan Akad Wadi’ah Yad Dhamanah dalam Pengelolaan Tabungan Faedah Pada BRI Syariah Kantor Cabang Pembantu Kenten Palembang Bank syariah merupakan lembaga keuangan yang berprinsip pada syariat Islam. Segala kegiatan yang dilakukan juga harus sesuai dengan Al-Qur’an dan Sunnah. Seperti akad wadi’ah, dimana akad wadi’ah merupakan titipan dari pihak ketiga yang harus dijaga dan dikembalikan ketika diminta kembali tanpa memberatkannya Salah satunya produk Tabungan Faedah di PT. Bank Rakyat Indonesia Syariah (BRI Syariah) di Kantor Cabang Pembantu Kenten Palembang. Dimana Tabungan Faedah tersebut menggunakan akad wadi’ah yad dhamanah. Dalam hal ini Tabungan Faedah sangat menarik untuk diteliti, apakah Tabungan Faedah dalam penerapannya sudah sesuai dengan syariat Islam. Metode penelitian yang digunakan dalam tugas akhir ini adalah metode deskriptif kualitatif. Adapun metode pengumpulan data dapat dilakukan dengan cara wawancara kepada karyawan BRI Syariah KCP Kenten Palembang, observasi secara langsung terhadap objek tertentu yang terjadi fokus penelitian serta mencatat segala sesuatu yang berhubungan dengan produk Tabungan Faedah BRI Syariah iB. Hasil penelitian yang telah penulis lakukan di BRI Syariah KCP Kenten Palembang menunjukkan bahwa Penerapan akad wadi’ah yad dhamanah pada Tabungan Faedah di BRI Syariah Kantor Cabang Kenten Palembang telah memenuhi rukun dan syarat sesuai dengan hukum Islam, begitu pula dengan pengelolaan dana wadi’ah tersebut dan terdapat 4 mekanisme dalam Tabungan Faedah, yaitu: 1. Mekanisme pembukaan buku Tabungan Faedah, 2. Mekanisme penyetoran Tabungan Faedah, 3. Mekanisme Penarikan Tabungan Faedah, 4. Mekanisme penutupan Tabungan Faedah.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: 300 Ilmu sosial, Sosiologi dan Antropologi > 300 Ilmu Sosial (Umum)
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > 61406 - Perbankan Syariah (D3)
Depositing User: UPT Perpustakaan Pusat
Date Deposited: 17 Sep 2021 06:28
Last Modified: 17 Sep 2021 06:28
URI: http://repository.radenfatah.ac.id/id/eprint/10962

Actions (login required)

View Item View Item