UPAYA SEKOLAH MEMELIHARA KEBERSIHAN LINGKUNGAN DI SEKOLAH DASAR NEGERI 130 PALEMBANG

SARI, MELY PURNAMA (2017) UPAYA SEKOLAH MEMELIHARA KEBERSIHAN LINGKUNGAN DI SEKOLAH DASAR NEGERI 130 PALEMBANG. Undergraduate Thesis thesis, UIN RADEN FATAH PALEMBANG.

[img]
Preview
Text
SKRIPSI.pdf

Download (10MB) | Preview

Abstract

Skripsi ini berjudul “Upaya Sekolah Memelihara Kebersihan Lingkunan di SD Negeri 130 Palembang”. Dimana rumusan masalah yang Pertama, upaya apa yang dilakukan sekolah untuk memelihara kebersihan lingkungan di SD Negeri 130 Palembang? Kedua, Bagaimana respon siswa memelihara kebersihan lingkungan di SD Negeri 130 Palembang? Ketiga, Apa saja faktor pendukung dan penghambat kesadaran siswa dalam memelihara kebersihan lingkungan di SD Negeri 130 Palembang? Tujuan Penelitian ini adalah untuk mengetahui upaya sekolah memelihara kebersihan lingkungan, untuk mengetahui respon siswa memelihara kebersihan lingkungan, serta untuk mengetahui faktor pendukung dan penghambat kesadaran siswa dalam memelihara kebersihan lingkungan. Metode penelitian yang digunakan adalah jenis penelitian deskriptif kualitatif dan sumber data diperoleh dari data primer dan data sekunder yang dikumpulkan dengan menggunakan metode observasi, wawancara, dan dokumentasi. Kemudian teknik analisis data penulis menggunakan model Milles dan Huberman, yaitu pengumpulan data, reduksi data, penyajian data, dan kesimpulan. Dari hasil penelitian yang sudah dilakukan, penulis dapat menyimpulkan bahwa upaya sekolah memelihara kebersihan lingkungan di SD Negeri 130 Palembang sudah terlaksana dengan baik. Dengan didukungnya media poster yang sengaja dilukis didinding sekolah, digunakan di sekitar halaman sekolah maupun di sekitar kelas sehingga pesan yang ingin disampaikan kepada siswa menjadi tersampaikan kepada siswa, serta didukungnya kegiatan secara langsung yang melibatkan siswa untuk melaksanakan kegiatan pembersihan di sekolah, yaitu membentuk tim adiwiyata, piket umum, piket kelas, operasi semut, dan pengomposan. Menjadikan siswa sadar akan pentingnya menjaga kelestarian lingkungan yang bersih, hijau, sejuk, dan nyaman. Adapun respon siswa dalam memelihara kebersihan lingkungan di SD Negeri 130 Palembang adalah sangat baik dan mendukung. Siswa mendukung kelestarian lingkungan sekolah yang bersih dan sehat karena, siswa selalu melaksanakan tugasnya baik piket kelas maupun piket umum, melaksanakan oprasi semut, serta setelah melaksanakan pembersihan siswa langsung mencuci tangannya dan mematikan kran air yang sudah dipakai. Siswa juga mendukung kelestarian lingkungan yang hijau dan sejuk dengan cara menyira tanaman serta memetik tanaman yang sudah layu dan menjaga Green House agar tetap hijau. Faktor pendukung kesadaran siswa memelihara kebersihan lingkungan bukan saja berasal dari dalam yang berupa siswa, sarana dan prasarana, serta guru, akan tetapi dari luar lingkungan juga mendukung akan kelestarian lingkungan sekolah agar menjadi bersih, hijau, sejuk, dan nyaman yaitu lingkungan (orang tua murid) dan media pembelajaran. Selain adanya faktor pendukung dalam upaya memelihara kebersihan lingkungan sekolah, ada juga faktor penghambatnya yaitu anak (siswa) dan guru.

Item Type: Thesis (Undergraduate Thesis)
Subjects: ?? L1 ??
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > 86232 - Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: UPT Perpustakaan Pusat
Date Deposited: 17 Sep 2021 06:28
Last Modified: 17 Sep 2021 06:28
URI: http://repository.radenfatah.ac.id/id/eprint/10964

Actions (login required)

View Item View Item