KORELASI ANTARA KEAKTIFAN MENGIKUTI BIMBINGAN KONSELING ISLAM DENGAN AKHLAKUL KARIMAH REMAJA PUTUS SEKOLAH (Studi Pada Panti Sosial Bina Remaja Indralaya)

HABIBA, UMUL (2017) KORELASI ANTARA KEAKTIFAN MENGIKUTI BIMBINGAN KONSELING ISLAM DENGAN AKHLAKUL KARIMAH REMAJA PUTUS SEKOLAH (Studi Pada Panti Sosial Bina Remaja Indralaya). Undergraduate Thesis thesis, UIN RADEN FATAH PALEMBANG.

[img]
Preview
Text
SKRIPSI UMUL HABIBA.pdf

Download (10MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini berjudul “KORELASI ANTARA KEAKTIFAN MENGIKUTI BIMBINGAN KONSELING ISLAM DENGAN AKHLAKUL KARIMAH REMAJA PUTUS SEKOLAH (STUDI PADA PANTI SOSIAL BINA REMAJA INDRALAYA)”. Latar belakang masalah penelitian ini adalah kurangnya perhatian yang menghambat tumbuh kembang yang dilalui remaja bisa menyebabkan mereka mengalami krisis moral atau akhlak yang gersang. Dengan tidak berfikir panjang mereka berbuat dan berperilaku negatif. Contohnya pergaulan bebas, pemakai dan pengedar narkoba, terlibat dalam kasus-kasus kriminal, seperti pencurian dan perampokan. Yang menjadi rumusan masalah dalam penelitian ini adalah bagaimana keaktifan remaja mengikuti bimbingan konseling Islam di Panti Sosial Bina Remaja Indralaya, bagaimana akhlakul karimah remaja putus sekolah di Panti Sosial Bina Remaja Indralaya, dan bagaimana korelasi antara keaktifan mengikuti bimbingan konseling Islam dengan akhlakul karimah remaja putus sekolah di Panti Sosial Bina Remaja Indralaya. Dalam penelitian ini, yang menjadi populasi adalah remaja putus sekolah yang berjumlah 41 anak remaja karena sampelnya kurang dari 100 maka keseluruhan populasi menjadi sampel yaitu 41 anak remaja. Jenis penelitian yang digunakan dalam penelitian ini yaitu jenis penelitian kuantitatif. Data yang dihimpun dapat diperoleh dari metode kuesioner (angket). Sedangkan untuk menganalisis data yang telah diperoleh dianalisis dengan menggunakan Product Moment dengan bantuan SPSS versi 21. Hasil dari penelitian ini di klasifikasikan sesuai dengan data yang di dapat dari hasil angket yang di analisa melalui rumus product moment dengan bantuan SPSS versi 21 dengan mencari Rhitung. Hasil uji korelasi antara keaktifan mengikuti bimbingan konseling Islam dengan akhlakul karimah remaja putus sekolah di Panti Sosial Bina Remaja Indralaya adalah sebesar Rhitung = 0,718 sedangkan Rtabel = 0,308 dengan taraf signifikan sebesar 0,05%, sehingga Rhitung > Rtabel atau 0,718 > 0,308. Dengan demikian terdapat hubungan yang signifikan antara keaktifan mengikuti bimbingan konseling Islam dengan akhlakul karimah remaja putus sekolah di Panti Sosial Bina Remaja Indralaya dan hipotesis diterima. Kata kunci : Bimbingan Konseling Islam ; Akhlakul Karimah ; Remaja Putus Sekolah.

Item Type: Thesis (Undergraduate Thesis)
Subjects: 100 Filsafat dan Psikologi > 160 Logika, Filosofis Logis
100 Filsafat dan Psikologi > 150 Psikologi (Umum)
?? BL ??
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi > 70232 - Bimbingan Penyuluhan Islam
Depositing User: UPT Perpustakaan Pusat
Date Deposited: 17 Sep 2021 06:29
Last Modified: 17 Sep 2021 06:29
URI: http://repository.radenfatah.ac.id/id/eprint/10972

Actions (login required)

View Item View Item