SISTEM INFORMASI E-REGISTER PENERIMAAN SISWA BARU MENGGUNAKAN METODE FRAMEWORK FOR THE APPLICATION SYSTEM THINKING (Studi Kasus : SMA NEGERI 1 JEJAWI)

MAULANA FIQRI, AMRULLAH (2019) SISTEM INFORMASI E-REGISTER PENERIMAAN SISWA BARU MENGGUNAKAN METODE FRAMEWORK FOR THE APPLICATION SYSTEM THINKING (Studi Kasus : SMA NEGERI 1 JEJAWI). Undergraduate Thesis thesis, UIN RADEN FATAH PALEMBANG.

[img]
Preview
Text
BAB I (2).pdf

Download (183kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB II (3).pdf

Download (705kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB III (4).pdf

Download (2MB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB V (6).pdf

Download (157kB) | Preview

Abstract

Pendidikan memegang peranan yang sangat penting untuk menjamin kelangsungan hidup suatu negara. Karena pendidikan merupakan wahana untuk meningkatkan dan mengembangkan kualitas sumber daya manusia. Seiring dengan perkembangan teknologi informasi, beberapa sekolah di Indonesia mulai menerapkan dan mengembangkan sistem informasi untuk mengolah kebutuhan informasinya agar sistem dapat berjalan dengan baik dan efektif. Seiring dengan perkembangan teknologi informasi yang saat ini semakin canggih dan mudah dijangkau oleh masyarakat serta bertambahnya minat siswa yang ingin melanjutkan studi nya ke jenjang yang lebih tinggi. Tentu hal ini menjadi tantangan bagi manajemen sekolah untuk senantiasa meningkatkan kualitasnya terutama dalam pelaksanaan penerimaan siswa baru dari yang manual konvensional menjadi sistem yang dapat dimutakhirkan prosesnya menjadi online. Dengan pengelolaan yang masih dilakukan secara semi manual tentu akan memiliki beberapa kelemahan, seperti pengolahan data registrasi yang kurang cepat dan akurat, kesulitan untuk pengintegrasian data serta banyaknya kesalahan dalam penginputan serta pembuatan laporan penerimaan siswa baru. Metode yang digunakan dalam peneltian ini adalah metode FAST ( Framework For The Aplication of System Thinking), metode ini melakukan 8 tahapan yang dimulai dari Preliminary Investigation, Problem Analysis Phase, Requirement Analysis Phase, Decision Analysis Phase, Desain Phase Construction Phase , Implementation Phase , Operation and Support Stage Phase, pada setiap tahap memiliki kerangka kerja yang mudah dimengerti dan dapat diterapkan di berbagai proyek pengembangan sistem. Hasil dari penelitian ini adalah penerapan dari metode FAST untuk membangun sistem informasi e-register untuk penerimaan siswa baru di SMA Negeri 1 Jejawi Kata Kunci : Pendaftaran, Sistem Informasi, FAST

Item Type: Thesis (Undergraduate Thesis)
Subjects: 600 Teknologi > Teknologi (umum), Ilmu Terapan
Divisions: Fakultas Sains dan Teknologi > 57201 - Sistem Informasi
Depositing User: UPT Perpustakaan Pusat
Date Deposited: 17 Sep 2021 06:30
Last Modified: 17 Sep 2021 06:30
URI: http://repository.radenfatah.ac.id/id/eprint/10988

Actions (login required)

View Item View Item