PANDANGAN HUKUM ISLAM TERHADAP KECELAKAAN LALU LINTAS KARENA KEALPAAN YANG MENGAKIBATKAN HILANGNYA NYAWA KORBAN (ANALISIS PUTUSAN NOMOR: 1174/PID.B/2017/PN.PLG)

Artita, Enda (2018) PANDANGAN HUKUM ISLAM TERHADAP KECELAKAAN LALU LINTAS KARENA KEALPAAN YANG MENGAKIBATKAN HILANGNYA NYAWA KORBAN (ANALISIS PUTUSAN NOMOR: 1174/PID.B/2017/PN.PLG). Undergraduate Thesis thesis, UIN RADEN FATAH PALEMBANG.

[img]
Preview
Text
skripsi halaman iii.pdf

Download (1MB) | Preview

Abstract

Kecelakaan lalu lintas adalah permasalahan dari kegiatan transpormasi yang merupakan pembunuh berdarah dingin yang bisa terjadi kapan saja dan dimana saja, faktor dari kecelakaan lalu lintas salah satunya adalah kondisi lalu lintas jalan selain itu juga terdapat pula penyebab yang ditimbulkan oleh pengendara sendiri dengan kata lain karena kekalalaian, baik kelalaian dalam berkendara yang berupa kewaspadaan baik itu kesiapan kendaraan. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui sanksi tindak pidana kelalaian yang berdasarkan Undang-Undang Nomor. 22 Tahun 2009 Tentang Lalu Lintas Dan Angutan Jalan, yang menganalisis putusan hakim Nomor: 1174/Pid.B/2017/Pn.Plg, serta pandangan hukum islam terhadap kecelakaan lalu lintas yang karena kealpaan menyebabkan hilangnya nyawa orang lain. Penelitian ini adalah penelitian library research (penelitian kepustakaan) dengan mengumpulkan data-data dari buku,undang�undang, putusan hakim, jurnal dan dari perpustakaan elektronik. yang bertujuan melakukan study yang mendalam mengenai sanksi kecelakaan lalu lintas. Berdasarkan dari analisis pandangan hukum islam terhadap kecelakaan lalu lintas yang mengakibatkan hilangnya nyawa korban Sebagaimana itikad baik salah satunya dari terdakwa (maupun keluarga) terhadap keluarga korban, sedangkan secara hukum islam kealpaan merupakan jarimah takzir dengan sanksi diyat. Jadi kejadian pembunuhan tidak sengaja ini dari segi hukum positif dan hukum islam sanksinya hampir sama yakni lebih ringan dari pada pembunhan sengaja dan pembunuhan semi sengaja. Kata Kunci : Kecelakaan Lalu Lintas, Undang-Undang Nomor. 22 Tahun 2009 Tentang Lalu Lintas dan Angkutan Jalan , Dan jarimah takzir

Item Type: Thesis (Undergraduate Thesis)
Subjects: Syariah dan Hukum > Hukum (Umum)
Divisions: Fakultas Syariah dan Hukum > 74231 - Hukum Pidana Islam (Jinayah)
Depositing User: UPT Perpustakaan Pusat
Date Deposited: 17 Sep 2021 06:31
Last Modified: 17 Sep 2021 06:31
URI: http://repository.radenfatah.ac.id/id/eprint/11001

Actions (login required)

View Item View Item