STRATEGI KOMUNIKASI RELAWAN ANAK SUMATERA SELATAN DALAM MENGUBAH PERILAKU ANAK JALANAN DI BENTENG KUTO BESAKPALEMBANG

SASKINANDA, SASKINANDA (2018) STRATEGI KOMUNIKASI RELAWAN ANAK SUMATERA SELATAN DALAM MENGUBAH PERILAKU ANAK JALANAN DI BENTENG KUTO BESAKPALEMBANG. Undergraduate Thesis thesis, UIN RADEN FATAH PALEMBANG.

[img]
Preview
Text
Saskinanda (14510061).pdf

Download (836kB) | Preview

Abstract

Dilatarbelakangi dengan semakin meningkatnya anak jalanan saat ini, khususnya di Palembang. Banyak anak jalanan yang mencari penghasilan untuk kebutuhan ekonomi, menjadi pengamen, pengemis, pemulung dan pedagang asongan. Pemerintah berusaha andil dalam mengentaskan permasalahan anak jalanan, tetapi pemerintah masih belum bisa menjembatanipermasalahan tersebut. Maka diperlukan strategi dari lembaga ataupun organisasi yang siap bergerak mengentaskan permasalahan tersebut, sehingga anak jalanan bisa mandiri dan bebas dari belenggu jalanan, Hal ini sesuai visi Relawan Anak Sumatera Selatan (RASS) yang berusaha memberikan pendidikan yag layak untuk mencerdaskan anak jalanan. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan bagaimana yang dilakukan oleh Relawan Anak Sumatera Selatan (RASS) dalam mengubah perilaku anak jalanan di Benteng Kuto Besak Palembang. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah deskriptif kualitatif, yaitu penggambaran dan menguraikan data secara sistematik.Jenis analisis data yang dipakai adalah analisis komparasi konstan (grounded theory) model Miles dan Huberman untuk membantu pengumpulan data, maka peneliti menggunakan beberapa metode diantaranya metode observasi, metode wawancara, dan metode dokumentasi. Alat analisis data pada penelitian ini adalah analisa data deskriptif kualitatif yaitu penyajian data dalam bentuk tulisan dan menerangkan apa adanya sesuai dengan data yang diperoleh dari hasil penelitian. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa strategi komunikasi Relawan Anak Sumatera Selatan dalam mengubah perilaku anak jalanan dengan menggunakan teori Harold Lasswell dengan unsur-unsur komunikasi Communicator(Komunikator), Message (Pesan), Receiver (Penerima), Channel (Media), Effect (Efek) yang berjalan dengan baik. Kata kunci: Strategi Komunikasi, Relawan Anak, Perilaku anak jalanan.

Item Type: Thesis (Undergraduate Thesis)
Subjects: 300 Ilmu sosial, Sosiologi dan Antropologi > 300 Ilmu Sosial (Umum)
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi > 70233 - Komunikasi dan Penyiaran Islam
Depositing User: UPT Perpustakaan Pusat
Date Deposited: 17 Sep 2021 06:31
Last Modified: 17 Sep 2021 06:31
URI: http://repository.radenfatah.ac.id/id/eprint/11016

Actions (login required)

View Item View Item