PENERAPAN MODEL TAKE AND GIVE DALAM MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA KELAS IV PADA MATA PELAJARAN AL-QUR’AN HADIST DI MADRASAH IBTIDA’IYAH AZIZAN PALEMBANG

SARA, YUNI (2015) PENERAPAN MODEL TAKE AND GIVE DALAM MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA KELAS IV PADA MATA PELAJARAN AL-QUR’AN HADIST DI MADRASAH IBTIDA’IYAH AZIZAN PALEMBANG. Undergraduate Thesis thesis, UIN RADEN FATAH PALEMBANG.

[img] Text
Yuni Sara 11270807.docx

Download (175kB)

Abstract

Sripsi ini membahas tentang Penerapan Model Menerima dan Memberi ( TAKE AND GIVE ) dalam meningkatkan hasil belajar siswa kelas IV pada mata pelajaran Al-Qur’an Hadist di Madrasah Ibtidaiyah Azizan Palembang. Alasan peneliti ingin membahasa masalah ini karena siswa kurang berfarsitifasi dalam mengikuti pembelajaran, dan guru dalam menggunakan model bervariasi dan haya menggunakan model pembelajaran yang konvensional, seperti ceramah, sehingga hasil belajar siswa belum sepenuhnya mencapai KKM (Kriteria Ketuntasan Minimum).Adapun rumusan masalah dalam skripsi ini adalah 1. Bagaimana penerapan model Take and Give dalam meningkatkan hasil belajar siswa kelas IV pada mata pelajaran Al-Qur’an Hadist di Madrasah Ibtida’iyah Azizan Palembang?. 2. Bagaimana perbedaan hasil belajar siswa sebelum dan sesudah di terapkannya model take and give kelas IV pada mata pelajaran Al-Qur’an Hadist di Madrasah Ibtida’iyah Azizan Palembang?Jenis penelitian adalah Penelitian Pre Eksperimental Design dalam penelitian ini yang menjadi populasi adalah seluruh kelas IV Madrasah Ibtidaiyah Azizan Palembang yang berjumlah 12 Orang, dengan demikian yang menjadi sampel penelitian ini adalah siswa kelas IV Madrasah Ibtidaiyah Azizan Palembang yng berjumlah 12 orang responden sehingga penelitian ini merupakan penelitian populasi. Sehingga alat pengumpulan data nya adalah observasi,wawancara,tes dan dokumentasi, rumusan untuk analisis data memakai tes “t” atau uji t. dalam keadaan dua sampel yang di teliti merupakan sampel kecil ( N kurang dari 30 ).Hasil dari penelitian menunjukkan dari hasil penerapan tanpa menggunakan model Menerima dan Memberi (TAKE AND GIVE) tergolong rendah, dan dengan menggunakan model Menerima dan Memberi (TAKE AND GIVE) tergolong sedang. Penerapan dengan menggunakan Model Menerima dan Memberi (TAKE AND GIVE) telah berhasil dalam meningkatkan hasil belajar siswa pada mata pelajaran Al-Qur’an Hadist materi surah Al-Lahab, terlhat secara signifikan meningkat atau lebih baik di bandingkan dengan tanpa menggunakan model Menerima dan Memberi (TAKE AND GIVE). Hal ini terliaht berdasarkan hasil analisis data dengan membandingkan besarnya “t” yang kita perolah dalam perhitung = 10,589 dan besarnya t yang tercantum pada table “t” tt.ts.5% = 2,18 dan tt.ts. 1% = 3,06) maka dapat diketahui bahwa lebih besar dari pada tt ; yaitu 2,18<10,859>3,06

Item Type: Thesis (Undergraduate Thesis)
Subjects: ?? L1 ??
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > 86232 - Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: UPT Perpustakaan Pusat
Date Deposited: 17 Sep 2021 06:31
Last Modified: 17 Sep 2021 06:31
URI: http://repository.radenfatah.ac.id/id/eprint/11019

Actions (login required)

View Item View Item