PERANAN ZAKAT PRODUKTIF BADAN AMIL ZAKAT NASIONAL PROVINSI SUMATERA SELATAN TERHADAP PENINGKATAN PENDAPATAN USAHA MUSTAHIK DI KERTAPATI PALEMBANG

Hasanah, Uswatun (2018) PERANAN ZAKAT PRODUKTIF BADAN AMIL ZAKAT NASIONAL PROVINSI SUMATERA SELATAN TERHADAP PENINGKATAN PENDAPATAN USAHA MUSTAHIK DI KERTAPATI PALEMBANG. Masters thesis, UIN Raden Fatah Palembang.

[img]
Preview
Text
TESIS USWATUN HASANAH (1586143).pdf

Download (5MB) | Preview

Abstract

Dana zakat pada awalnya lebih didominasi oleh pola pendistribusian secara konsumtif, sekarang mulai dikembangkan dengan pola poduktif dengan tujuan dapat meningkatkan kesejahteraan mustahik. Agar tujuan yang dimaksud dapat tercapai diperlukan adanya pengelolaan zakat secara profesional dengan menggunakan sistem managemen. Dalam penelitian ini rumusan masalah yaitu: 1. Bagaimanakah pengelolaan zakat produktif pada Badan Amil Zakat Nasional Provinsi Sumatera Selatan. 2. Bagaimanakah peranan zakat produktif Badan Amil Zakat Nasional Provinsi Sumatera Selatan terhadap peningkatan pendapatan usaha mustahik di Kertapati Palembang. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah kualitatif. Sumber data dari penelitian ini adalah data primer dan skunder. Sedangkan teknik pengumpulan datanya melalui riset lapangan dan riset kepustakaan. Adapun analisis yang digunakan adalah analisis deskriptif. Berdasarkan hasil penelitian dan pembahasan, diperoleh adalah: pertama, pengelolaan zakat Produktif pada Badan Amil Zakat Nasional Provinsi Sumatera Selatan dilakukan dengan cara: 1) Perencanaan zakat produktif yaitu perencanaan penghimpunan dan pedistribusian, perencanaan sosialisasi, dan perencanaan program. 2) Pengorganisasian telah dilakukan sesuai manajemen dengan adanya struktur dan job describtion yang jelas. 3) Pelaksanaan dilakukan dengan cara pengumpulan zakat produktif (kampanye budaya sadar zakat, kerja sama dengan berbagai instansi pemerintah, instansi swasta, BUMN/BUMD, rumah sakit dan universitas dan pemanfaatan rekening bank) dan pendistribusian zakat produktif (bidang pendidikan (Sumsel Cerdas) dalam bentuk beasiswa dan pada bidang ekonomi (Sumsel Makmur) dalam bentuk modal usaha yang bersifat produktif tradisional yaitu pemberian grobak dan produktif kreatif yang didistribusikan melalui Baitul Qiradh dalam bentuk pinjaman modal usaha dengan akad qardhul hasan. 4) Pengawasan, terhadap Baitul Qiradh dilihat melalui laporan triwulan dan sekali-kali survay lapangan, sedangkan terhadapat mustahik diserahkan kepada Baitul Qiradh. Kedua, peranan zakat produktif terhadap peningkatan pendapatan usaha mustahik di Kertapati Palembang sangat mempengaruhi pendapatan usaha mustahik, selain itu juga memberikan dampak terhadap perubahan pola pikir dan pelaksanaan usaha yang dijalankan oleh mustahik, serta mempengaruhi produktivitas mustahik. Namun, Baitul Qiradh Al-Hidayah hanya memiliki struktur organisasi yang sederhana dan tidak memiliki job describtion. Selain itu, tidak adanya pengawasan langsung, pendampingan dan pembinaan kepada mustahik. Kata Kunci: Peranan, Zakat Produktif, Pendapatan Usaha, Mustahik, BAZNAS Sumsel.

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: 300 Ilmu sosial, Sosiologi dan Antropologi > 300 Ilmu Sosial (Umum)
Divisions: ?? Ekonomi_Syariah_S2) ??
Depositing User: UPT Perpustakaan Pusat
Date Deposited: 17 Sep 2021 07:26
Last Modified: 17 Sep 2021 07:26
URI: http://repository.radenfatah.ac.id/id/eprint/11044

Actions (login required)

View Item View Item