KISAH NABI YUSUF DALAM ALQURAN ( Studi Tafsir Tematik Berdasarkan Analisis Teks Dan Konteks Terhadap Situasi Kejiwaan Nabi Muhammad Saw )

Firnanda, Verika Dwi (2016) KISAH NABI YUSUF DALAM ALQURAN ( Studi Tafsir Tematik Berdasarkan Analisis Teks Dan Konteks Terhadap Situasi Kejiwaan Nabi Muhammad Saw ). Undergraduate Thesis thesis, UIN RADEN FATAH PALEMBANG.

[img] Text
BAB I.docx

Download (74kB)
[img] Text
BAB II.docx

Download (99kB)
[img] Text
BAB III.docx

Download (117kB)

Abstract

Skripsi ini diberi judul “Kisah Nabi Yusuf dalam Alquran (Studi Tafsir Tematik Berdasarkan Analisis Teks dan Konteks terhadap situasi kejiwaan Nabi Muhammad Saw). Kisah Nabi Yusuf terekam dalam satu surah, mengandung pesan moral lebih dari satu aspek tergantung dari sudut pandang yang digunakan. Penelitian ini difokuskan pada kisah Nabi Yusuf dalam Alquran (Studi tafsir tematik berdasarkan analisis teks dan konteks terhadap dakwah Nabi Muhammad Saw). secara khusus tulisan ini berangkat dari dua permasalahan yaitu: Bagaimana situasi kejiwaan Nabi Muhammad Saw saat turun Qs. Yusuf Dan Bagaimana memahami kisah Nabi Yusuf dalam Alquran secara teks dan konteksnya. Pembahasan kedua masalah di atas akan menggunakan metode tafsir tematik dengan pendekatan analisis teks dan konteks. Pendekatan Teks adalah sebuah pendekatan studi Alquran yang menjadikan lafal-lafal Alquran sebagai objek. Pendekatan ini menekankan analisisnya pada sisi kebahasaan dalam memahami Alquran. sedangkan pendekatan konteks mendukung tafsir teks dengan menggunakan pemahaman terhadap konteks sejarah yang menjadi latar belakang munculnya ayat-ayat Alquran bisa dikatakan satu kompenen vital untuk mengantarkan kepada pemahaman yang tepat terhadap Alquran. Berdasarkan pembahasan yang sudah disampaikan terdapat dua kesimpulan: pertama, Qs. Yusuf turun dilatarbelakangi oleh situasi kejiwaan Nabi Muhammad Saw yang sedang mengalami duka yang mendalam atas meninggalnya paman dan istri beliau yakni Abdul Muthalib dan Khadijah, pada tahun yang sama sehingga tahun tersebut disebut dengan “’amul huzn” (tahun duka). Kedua, secara teks kisah Nabi Yusuf dalam Alquran terdapat 20 tema pokok dengan 3 pembabakan, yaitu pertama, ketika Yusuf bersama ayahnya, kedua, ketika berpisah dengan ayahnya dan ketiga, ketika Yusuf bertemu dan berkumpul kembali dengan ayahnya. Secara konteks, kisah Nabi Yusuf dalam Alquran dilihat dari sejarah situasi kejiwaan dan kenabian Nabi Muhammad Saw, terdapat dua aspek: pertama, sebagai penguat (motivasi) jiwa Nabi Muhammad Saw, dan kedua, sebagai pelajaran (inspirasi) bagi Nabi Muhammad Saw.

Item Type: Thesis (Undergraduate Thesis)
Subjects: 100 Filsafat dan Psikologi > 140 Filsafat (Umum)
?? BP ??
Divisions: Fakultas Ushuluddin dan Pemikiran Islam > 76231 - Ilmu Al-Qur'an dan Tafsir (S1)
Depositing User: UPT Perpustakaan Pusat
Date Deposited: 17 Sep 2021 07:27
Last Modified: 17 Sep 2021 07:27
URI: http://repository.radenfatah.ac.id/id/eprint/11055

Actions (login required)

View Item View Item