PERAN KEPALA MADRASAH DALAM MENINGKATKAN SEMANGAT KERJA GURU DI MADRASAH IBTIDAIYAH NEGERI MENANTI KECAMATAN KELEKAR KABUPATEN MUARA ENIM

Susanto, Budi (2019) PERAN KEPALA MADRASAH DALAM MENINGKATKAN SEMANGAT KERJA GURU DI MADRASAH IBTIDAIYAH NEGERI MENANTI KECAMATAN KELEKAR KABUPATEN MUARA ENIM. Masters thesis, UIN RADEN FATAH PALEMBANG.

[img]
Preview
Text
BAB 1 Budi sdh SIDANG.pdf

Download (256kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB 2 BUDI SUDAH SIDANG 11.pdf

Download (412kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB 3 Maxe method.pdf

Download (263kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB IV-V Mix Method.pdf

Download (494kB) | Preview

Abstract

Semangat mengajar guru merupakan faktor penting untuk menciptakan proses pembelajaran yang unggul. Permasalahan yang terjadi di Madrasah Ibtidaiyah Negeri Meranti kemampuan mengajar masih belum terlihat sehingga diperlukan suatu upaya dalam meningkatkan semangat kerja guru mengajar. Kepala madrasah sebagai seorang manajer dan sekaligus sebagai seorang pemimpin dituntut tanggungjawab kepemimpinannya untuk meningkatkan semangat kerja guru sebagai seorang profesional. Oleh karena itu, penelitian ini bermaksud mengetahui peran kepada sekolah dalam meningkatkan semangat kerja guru dalam mengajar. Rumusan masalah penelitian ini adalah Bagaimana semangat kerja guru di Madrasah Ibtidaiyah Negeri Menanti Kabupaten Muara Enim? Bagaimana peran kepala madrasah dalam meningkatkan semangat kerja guru mengajar di Madrasah Ibtidaiyah Negeri Menanti Kabupaten Muara Enim. Metode penelitian ini adalah metode gabungan kuantitatif kualitatif (mixed methods). Teknik pengumpulan data menggunakan observasi, dokumentasi, angket, dan wawancara. Data dianalisis dengan teknik analisis deskriptif kualitatif. Kesimpulan penelitian ini adalah peran kepala madrasah sebagai supervisor adalah menyusun indikator supervisi sesuai visi dan misi, merumuskan indikator keberhasilan guru sebelum melakukan supervisi, mengarahkan pertanyaan supervisi untuk mencari kelemahan-kelemahan guru mengajar, mencatat kelemahan guru untuk membantu mencari solusi, menyiapkan bahan supervisi, mengkomunikasikan kepada guru pelaksanaan supervisi, menggunakan pendekatan dalam melakukan supervisi, menjadikan hasil supervisi sebagai catatan perbaikan di masa datang, memberi penghargaan terhadap guru yang berprestasi, menggunakan hasil supervisi sebagai skala ukur prestasi siswa, guru dan madrasah, menggunakan hasil supervisi untuk meningkatkan kualitas madrasah dan mengajak guru untuk bekerjasama mencari solusi terhadap kelemahan dalam pembelajaran. Peran kepala Madrasah sebagai manajer adalah menyusun program madrasah di awal semester, menyusun program secara terperinci kadang sesuai dengan kebutuhan dan kadang tidak, mengorganisasikan program dengan baik, tepat, dan berusaha agar sesuai kebutuhan namun dalam pelaksanaannya tidak sesuai dengan kebutuhan, mengajak guru agar profesional, memberikan contoh teladan pada guru, menggerakkan guru menggunakan laboratorium komputer, perpustakaan sebagai sumber belajar siswa, memberdayakan buku paket, dan menggunakan mushalla sebagai sarana praktek ibadah. Dampak peran kepala Madrasah terhadap semangat kerja guru adalah guru merasa senang mengajar, sebagian senang menyusun RPP dan sebagian kadang-kadang, guru merasa senang menggunakan metode yang bervariasi, media, senang menyampaikan materi, sebagian mencari informasi di perpustakaan dan internet sebagian kadang-kadang, dan guru mampu bekerja sama. Oleh karena itu, kepala madrasah dapat meningkatkan perannya pada semua indikator, terutama peran sebagai supervisor dan manajer. Kata kunci: peran kepala madrasah, semangat kerja, guru

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: 500 Sains dan Matematika > 500 Sains (Umum)
Divisions: ?? Manajemen_Pendidikan_Islam(S2) ??
Depositing User: UPT Perpustakaan Pusat
Date Deposited: 17 Sep 2021 07:29
Last Modified: 17 Sep 2021 07:29
URI: http://repository.radenfatah.ac.id/id/eprint/11058

Actions (login required)

View Item View Item