PERTANGGUNGJAWABAN PERDATA JASA LAYANAN CATERING UNTUK RESEPSI PERNIKAHAN DALAM PERSPEKTIF HUKUM EKONOMI SYARIAH (STUDI KASUS USAHA CATERING AL-FATIH DAN CV. MOLEKS’S BOX PALEMBANG).

FAUZIAH, DIA (2019) PERTANGGUNGJAWABAN PERDATA JASA LAYANAN CATERING UNTUK RESEPSI PERNIKAHAN DALAM PERSPEKTIF HUKUM EKONOMI SYARIAH (STUDI KASUS USAHA CATERING AL-FATIH DAN CV. MOLEKS’S BOX PALEMBANG). Undergraduate Thesis thesis, UIN RADEN FATAH PALEMBANG.

[img]
Preview
Text
JURNAL DIA FAUZIAH.pdf

Download (644kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (419kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB II.pdf

Download (541kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB III.pdf

Download (347kB) | Preview

Abstract

ABSTRAK Latar belakang masalah dalam skripsi ini adalah Seiring dengan perkembangan tata boga, ditemukan beberapa kasus yang berhubungan dengan aktifitas catering pada ranah kepuasaan, ketepatan waktu, kualitas, dan pelayanan. Beberapa data ditemukan problem wanprestasi antara pemiliki catering dengan pelanggan. Problem tersebut seperti ketidak perhatian pemilik catering terhadap kesepakatan menu sehingga terjadilah ketidak nyamanan dalam resepsi. Keterlambatan pemilik catering menyediakan makanan dengan alasan macet yang menyebabkan perubahan waktu acara sehingga menimbulkan kecekcokan antara pemilik catering dengan konsumen. Metode dalam penelitian ini adalah menggunakan jenis penelitian lapangan field research (penelitian lapangan) dengan menggunakan jenis data kualitatif dan sumber data primer dan sekunder yang berkaitan dengan permasalahan yang dibahas, yaitu tentang PertanggungJawaban Perdata Sewa- Menyewa Catering Untuk Resepsi Pernikahan Dalam Perspektif Hukum Ekonomi Syariah (Studi Kasus Usaha Catering Al-Fatih Dan CV. Moleks‟s Box Palembang) Hasil penelitian disimpulkan bahwa Pertanggungjawaban perdata jasa layanan untuk resepsi pernikahan Usaha Catering Al-Fatih dan CV. Molek‟s Box Palembang adalah dengan memberikan kompensasi atau ganti rugi kepada pihak konsumen atau pelanggan atas kelalaian dan ketidakpuasan yang diajukan dalam bentuk komplain atau keluhan yang disampaikan dari pihak konsumen atau pelanggan tersebut. Pertanggungjawaban perdata jasa layanan catering untuk resepsi pernikahan berdasarkan komplain dari pihak konsumen atau pelanggan atas kelalaian dan ketidakpuasan yang diajukan dalam bentuk komplain atau keluhan yang disampaikan dari pihak konsumen atau pelanggan tersebut berupa pemberian ganti rugi atau kompensasi (Studi Kasus Usaha Catering Al-Fatih dan CV. Molek‟s Box Palembang) adalah sudah sesuai dengan hukum ekonomi syariah yang berkaitan dengan ketentuan ijarah, karena penggunaan jasa layanan itu sendiri adalah bagian dari ijarah. Ijarah dipahami sebagai sewa menyewa atas manfaat satu barang dan atau jasa antara pemilik objek sewa dengan penyewa untuk mendapatkan imbalan berupa sewa atau upah bagi pemilik objek sewa Ijarah dapat terlaksana dengan baik apabila rukun dan syaratnya terlaksana dengan baik dan benar. Selain itu Agama menghendaki agar dalam melaksanakan ijarah senantiasa memperhatikan ketentuan-ketentuan yang bisa menjamin pelaksanaannya. Dan tidak merugikan salah satu pihak serta dapat terpelihara maksud-maksud mulia yang diinginkan agama. Kata Kunci: Pertanggungjawaban Perdata, Jasa Layanan

Item Type: Thesis (Undergraduate Thesis)
Subjects: 300 Ilmu sosial, Sosiologi dan Antropologi > 300 Ilmu Sosial (Umum)
?? Hukum ??
Divisions: Fakultas Syariah dan Hukum > 74234 - Hukum Ekonomi Syariah (Mu'amalah)
Depositing User: UPT Perpustakaan Pusat
Date Deposited: 17 Sep 2021 07:51
Last Modified: 17 Sep 2021 07:51
URI: http://repository.radenfatah.ac.id/id/eprint/11077

Actions (login required)

View Item View Item