PENCATATAN HARTA BENDA ANAK ASUH MENURUT PASAL 51 AYAT 4 UNDANG-UNDANG NO.1 TAHUN 1974 TENTANG PERKAWINAN ( Studi Di Panti Asuhan Bunda Nuraida Palembang )

FADILAH, SARAH (2018) PENCATATAN HARTA BENDA ANAK ASUH MENURUT PASAL 51 AYAT 4 UNDANG-UNDANG NO.1 TAHUN 1974 TENTANG PERKAWINAN ( Studi Di Panti Asuhan Bunda Nuraida Palembang ). Undergraduate Thesis thesis, UIN RADEN FATAH PALEMBANG.

[img]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (401kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB II.pdf

Download (494kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB III.pdf

Download (231kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB V.pdf

Download (156kB) | Preview

Abstract

Skripsi ini berjudul “Pencatatan Harta Benda Anak Asuh Menurut Pasal 51 Ayat 4 Undang-undang No.1 Tahun 1974 Tentang Perkawinan (Studi di Panti Asuhan Bunda Nuraida Palembang) “ Anak merupakan amanah sekaligus karunia Allah SWT bahakan anak dianggap sebagai harta kekayaan yang paling berharga dibandingkan kekayaan harta benda lainnya. Apabila seorang anak tidak memiliki orang tua tentu hal itu menjadi suatu masalah jika anak tersebut masih dibawah umur tentu hal tersebut menjadi problem bagi anak tersebut dalam memenuhi kebutuhan sehari-hari, bahkan status hukum anak tersebut baik menyangkut perwalian maupun perlindungan hukum. Dari sinilh kita menyadari bahwa pentingnya peran serta adanya wali atau lembaga yang berperan sebagai wali untuk mewujudkan masa depan anak tersebut, berdasarakan Undang-undang yang berlaku di Indonesia maupun Hukum Islam. Rumusan Penelitian ini Meliputi : Bagaimana Implementasi pencatatan harta benda anak asuh menurut pasal 51 ayat (4) Undang-undang No.1 Tahun 1974 tentang Perkawinan, Penelitian ini merupakan penelitian Library Research. Data yang di kumpulkan dengan Studi Pustaka dan Wawancara yang kemudian di analisis dengan teknik Deskriptif kualitatif dalam menjabarkan pembahasan-pembahasan tentang “Pencatatan Harta Benda Anak Asuh Menurut Pasal 51 Ayat 4 Undang�undang No.1 Tahun 1974 Tentang Perkawinan (Studi di Panti Asuhan Bunda Nuraida Palembang)”. Selanjutnya pembahasan tentang permasalahn tersebut dilihat dari pandangan Hukum Islam dengan tekhnik Kualitatif, yaitu dengan meletakkan Hukum Islam sebagai rujukan dalam menilai permasalahan tersebut. Berdasarkan dari hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa pada dasarnya penyelenggaran Panti Asuhan Bunda Nuraida Palembang sudah dilakukan dengan baik, tetapi dalam kewajiban pencatatan harta benda anak asuh Panti Asuhan Bunda Nuraida Palembang merasa memiliki kendala dalam melakasanakan kewajibanya tersebut dengan begitu tidak melaksanakan pencatatan harta benda Kata Kunci : Anak, Perwalian, Harta Benda

Item Type: Thesis (Undergraduate Thesis)
Subjects: Syariah dan Hukum > Hukum (Umum)
Divisions: Fakultas Syariah dan Hukum > 74230 - Hukum Keluarga Islam (Ahwal Syakhshiyyah)
Depositing User: UPT Perpustakaan Pusat
Date Deposited: 17 Sep 2021 07:51
Last Modified: 17 Sep 2021 07:51
URI: http://repository.radenfatah.ac.id/id/eprint/11081

Actions (login required)

View Item View Item