PENERAPAN COPERATIVE LEARNING TERHADAP MATERI NABI DAN RASUL DALAM MENINGKATAN SIKAP TANGGUNG JAWAB SISWA DI KELAS XI SMA N 1 PANGKALAN LAMPAM OKI

LIANI, LIANI (2016) PENERAPAN COPERATIVE LEARNING TERHADAP MATERI NABI DAN RASUL DALAM MENINGKATAN SIKAP TANGGUNG JAWAB SISWA DI KELAS XI SMA N 1 PANGKALAN LAMPAM OKI. Undergraduate Thesis thesis, UIN RADEN FATAH PALEMBANG.

[img] Text
BAB I.docx

Download (61kB)
[img] Text
BAB II.docx

Download (34kB)
[img] Text
BAB III.docx

Download (39kB)
[img] Text
BAB IV.docx

Download (60kB)
[img] Text
BAB V.docx

Download (21kB)

Abstract

ABSTRAK Dalam pelaksanaan pembelajaran, guru dituntut untuk mampu memilih metode, model, dan strategi yang tepat dalam menyampaikan bahan ajar atau materi kepada siswa sehingga siswa lebih mudah memahami, mencerna, dan mengingat kembali bahan ajar yang disampaikan oleh guru dan menarik minat mereka untuk lebih aktif dalam proses pembelajaran, dan mampu memilih media yang sesuai dengan modalitas ataupun gaya belajar yang dimiliki tersebut. Masalah yang dibahas dalam penelitian ini adalah bagaimana sikap tanggung jawab siswa pada materi Nabi dan Rasul kelas XI sebelum menggunakan pembelajaran Cooperative Learning di SMA N 1 Pangkalan Lampam OKI. Bagaimana penerapan Pembelajaran Cooperative Learning pada materi Nabi dan Rasul kelas XI di SMA N 1 Pangkalan Lampam OKI, serta bagaimana sikap tanggung jawab siswa pada materi Nabi dan Rasul kelas XI setelah menggunakan pembelajaran Cooperative Learning di SMA N 1 Pangkalan Lampam OKI. Jenis penelitian ini adalah peneilitian kuantitatif korelasional, Jenis dan sumber data dalam penelitian ini ada dua, yaitu data primer dan data sekunder. Data primer berasal dari data statistik yang diperoleh dari sumber tangan pertama (first hand data), dan data sekunder berasal dari data statistik yang diperoleh dari sumber tangan kedua (second hand data). Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode angket, observasi, wawancara, dan dokumentasi. Data yang terkumpul kemudian dianalisis dengan teknik analisis statistik dengan menggunakan rumus tes “t”. Penelitian ini menghasilkan beberapa temuan, yaitu : Pertama, sikap tanggung jawab siswa dengan menggunakan pembelajaran Cooperative Learning di kelas XI IPS2 SMA N 1 Pangkalan Lampam OKI pada materi Nabi dan Rasul tergolong sedang, hal ini dapat dilihat dari jumlah siswa yang mendapatkan nilai banyak yang tergolong sedang ada 20 siswa (66,6 %). Kedua, sikap tanggung jawab siswa yang tidak menggunakan pembelajaran Cooperative di kelas XI IPS4 SMA N 1 Pangkalan Lampam OKI pada materi Nabi dan Rasul juga tergolong sedang, hal ini dapat dilihat dari jumlah siswa yang mendapatkan nilai banyak yang tergolong sedang ada 16 siswa (53,4 %). Penerapan Pembelajaran Cooperative Learning tidak terdapat perbedaan yang signifikan terhadap sikap tanggung jawab siswa. Hal ini berdasarkan hasil uji “t” yang menunjukkan bahwa t0 lebih kecil daripada tt yang berarti hipotesis nihil diterima, dengan hasil harga t0< tt baik pada taraf 5% maupun pada taraf signifikan 1% dengan perincian 2,76 < 5,91 > 2,04. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa penerapan pembelajaran Cooperative Learning pada materi Nabi dan Rasul di SMA N 1 Pangkalan Lampam OKI sudah memperlihatkan hasil yang lebih baik dan berpengaruh terhadap sikap tanggung jawab siswa.

Item Type: Thesis (Undergraduate Thesis)
Subjects: ?? L1 ??
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > 86208 - Pendidikan Agama Islam (S1)
Depositing User: UPT Perpustakaan Pusat
Date Deposited: 20 Sep 2021 06:47
Last Modified: 20 Sep 2021 06:47
URI: http://repository.radenfatah.ac.id/id/eprint/11126

Actions (login required)

View Item View Item