Upaya Meningkatkan Hasil Belajar pada Mata Pelajaran Matematika Materi Penjumlahan Dua Bilangan Satu Angka Dengan Metode Make a Match di Kelas I MI Assegaf Palembang.

SAREAH, SAREAH (2015) Upaya Meningkatkan Hasil Belajar pada Mata Pelajaran Matematika Materi Penjumlahan Dua Bilangan Satu Angka Dengan Metode Make a Match di Kelas I MI Assegaf Palembang. Undergraduate Thesis thesis, UIN RADEN FATAH PALEMBANG.

[img] Text
BAB I Sareah.docx

Download (47kB)
[img] Text
BAB II sareah.docx

Download (40kB)
[img] Text
BAB III Sareah.docx

Download (33kB)
[img] Text
BAB IV Sareah.docx

Download (119kB)
[img] Text
BAB V Sareah.docx

Download (19kB)

Abstract

Penelitian ini berjudul Upaya Meningkatkan Hasil Belajar pada Mata Pelajaran Matematika Materi Penjumlahan Dua Bilangan Satu Angka Dengan Metode Make a Match di Kelas I MI Assegaf Palembang. Penelitian ini merupakan penelitian lapangan (field research) yang terdiri atas 5 (lima) bab. Sedangkan permasalahan dalam penelitian ini apakah dengan menggunakan metode Make a Match dapat meningkatkan hasil belajar pada mata pelajaran Matematika materi Penjumlahan Dua Bilangan Satu Angka kelas I MI Assegaf Palembang. Adapun tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui cara penerapan metode Make a Match dapat meningkatkan hasil belajar Matematika pada materi Penjumlahan Dua Bilangan Satu Angka kelas I MI Assegaf Palembang dan untuk mengetahui apakah pelaksanaan metode Make a Match dapat meningkatkan hasil belajar pada mata pelajaran Matematika materi Penjumlahan Dua Bilangan Satu Angka kelas I MI Assegaf Palembang. Penelitian ini dilakukan karena sangat rendahnya hasil belajar siswa dan diikuti dengan kurangnya aktivitas siswa pada kegiatan proses pembelajaran Matematika. Penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang dilaksanakan dengan 2 (dua ) siklus. Diawali dengan kegiatan prasiklus dan setiap siklus terdiri dari Perencanaan, Pelaksanaan, Pengamatan (Pengumpulan Data), dan Refleksi. Hasil penelitian pada pra siklus, siswa dengan ketuntasan belajar hanya 5 siswa (38,46%) dengan nilai rata-rata 64,61. Kemudian hasil penelitian pada siklus I dengan melihat hasil belajar, siswa dengan ketuntasan belajar mencapai 11 siswa (84,23%) dengan nilai rata-rata 89,23. Dan pada hasil penelitian pada siklus II dengan melihat hasil belajar, siswa dengan ketuntasan belajar telah mencapai 12 siswa (92,31%) dengan nilai rata-rata 96,15. Maka setelah melihat perkembangan hasil belajar siswa pada mata pelajaran Matematika materi Penjumlahan Dua Bilangan Satu Angka melalui metode Make a Match terdapat peningkatan yang sangat signifikan mulai dari prasiklus, siklus I, dan siklus II.

Item Type: Thesis (Undergraduate Thesis)
Subjects: ?? L1 ??
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > 84202 - Pendidikan Matematika
Depositing User: UPT Perpustakaan Pusat
Date Deposited: 20 Sep 2021 06:47
Last Modified: 20 Sep 2021 06:47
URI: http://repository.radenfatah.ac.id/id/eprint/11128

Actions (login required)

View Item View Item