SAKINAH MAWADDAH WARAHMAH DALAM PEMAHAMAN TOKOH MASYARAKAT DESA LUBUK RENGAS, KECAMATAN RANTAU BAYUR, KABUPATEN BANYUASIN

Yusuf, Yusuf (2019) SAKINAH MAWADDAH WARAHMAH DALAM PEMAHAMAN TOKOH MASYARAKAT DESA LUBUK RENGAS, KECAMATAN RANTAU BAYUR, KABUPATEN BANYUASIN. Undergraduate Thesis thesis, UIN Raden Fatah Palembang.

[img]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (371kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB II.pdf

Download (505kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB III.pdf

Download (209kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB IV.pdf

Download (229kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB V.pdf

Download (263kB) | Preview

Abstract

Skripsi ini berjudul “Sakinah Mawaddah Warahmah dalam pemahaman tokoh masyarakat Desa Lubuk Rengas, Kecamatan Rantau Bayur, Kabupaten Banyuasin” Penelitian ini dilatar belakangi kehidupan dalam berumah tangga warga desa, sehingga dapat tercipta keluarga yang Sakinah Mawaddah Warahmah. Dalam Agama Islam diajarkan agar rumah tangga menjadi surga yang dapat menciptakan ketentraman, ketenangan, dan kebahagiaan. Namun warga di Desa Lubuk Rengas masih belum memahami penerapan sakinah mawaddah warahmah dalam kehidupan berumah tangga. Berangkat dari latar belakang ini, rumusan pertanyaan yang muncul adalah Bagaimana pemahaman tokoh masyarakat Desa Lubuk Rengas Kecamatan Rantau Bayur Kabupaten Banyuasin tentang Sakinah Mawaddah Warahmah. Bentuk dalam penelitian skripsi ini ialah analisis dengan cara deskripsi kualitatif yaitu pemaparan data yang berkenaan dengan permasalahan dan kemudian dilakukan penarikan simpulan dengan cara deduktif yaitu penarikan simpulan dari kaidah-kaidah yang bersifat umum kepada kaidah-kaidah yang bersifat khusus. Berdasarkan hasil analisis yang telah dilakukan bahwa Sakinah Mawaddah Warahmah harus di barengi dengan dasar Agama. Karena atas dasar Agama orang akan lebih memahami satu sama lain. Dan karena Agama juga benteng bagi orang untuk mencari Rahmat dan Ridho Allah SWT. Sehingga, dapat tercipta keluarga sakinah mawaddah wa rahmah dalam suatu rumah tangga.

Item Type: Thesis (Undergraduate Thesis)
Subjects: ?? Hukum ??
Divisions: Fakultas Syariah dan Hukum > 74230 - Hukum Keluarga Islam (Ahwal Syakhshiyyah)
Depositing User: UPT Perpustakaan Pusat
Date Deposited: 20 Sep 2021 06:47
Last Modified: 20 Sep 2021 06:47
URI: http://repository.radenfatah.ac.id/id/eprint/11132

Actions (login required)

View Item View Item