PENGARUH PENDIDIKAN KELUARGA TERHADAP PERILAKU KEJUJURAN ANAK USIA 6-12 TAHUN DI DESA TANJUNG LUBUK KABUPATEN OGAN KOMERING ILIR

MORLINA, MONA (2020) PENGARUH PENDIDIKAN KELUARGA TERHADAP PERILAKU KEJUJURAN ANAK USIA 6-12 TAHUN DI DESA TANJUNG LUBUK KABUPATEN OGAN KOMERING ILIR. Undergraduate Thesis thesis, UNIVERSITAS ISLAM NEGERI (UIN) RADEN FATAH PALEMBANG.

[img]
Preview
Text
BAB I-dikonversi.pdf

Download (401kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB V-dikonversi.pdf

Download (133kB) | Preview

Abstract

Pendidikan dalam keluarga mempunyai peran yang strategis dan sangat menentukan pencapaian mutu sumber daya manusia. Penyelenggaraan pendidikan keluarga tidak sekedar berperan sebagai pelaksana yang bersifat rutin dan alamiah, melainkan berperan sebagai pengelola yang bertanggung jawab dalam meletakkan landasan, bobot arah dan pola-pola kehidupan anak. Permasalahan dalam penelitian ini pendidikan dalam keluarga tidak terlaksana dengan baik karena minimnya waktu anak berkomunikasi dengan orang tua, orang tua yang kurang memahami pentingnya pendidikan didalam keluarga sehingga akan berdampak pada sifat dan perilaku anak, selain itu faktor pendidikan orang tua, ekonomi dan agama mempengaruhi tingkat keberhasilan dalam pendidikan di dalam keluarga. Tujuan penelitian untuk mengetahui pengaruh pendidikan keluarga terhadap perilaku Kejujuran Anak Pada Usia (6-12 Tahun) didesa Tanjung Lubuk Kabupaten Ogan Komering Ilir. Penelitian ini menggunakan metode penelitian kuantitatif menggunakan jenis penelitian field research dengan rumus product moment. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh anak usia 6-12 tahun di desa Tanjung Lubuk OKI dan seluruh orang tua yang memiliki anak usia 6-12 tahun, sampel yang digunakan pada penelitian ini berjumlah 60 anak dan orang tua. Instrumen penelitian yang digunakan pada variabel pertama adalah pendidikan spiritual, pendidikan akhlak, pendidikan akidah, pendidikan sosial, instrumen penelitian pada variabel kedua adalah berbuat kebenaran, tidak berkata bohong dan menepati janji. Hasil dari penelitian menggunakan angket untuk variabel X pendidikan keluarga yang tergolong tinggi sebanyak 12 orang atau (20%), yang tergolong sedang sebanyak 39 orang atau (65%), dan yang tergolong rendah sebanyak 9 orang atau (15%). Dan data hasil penelitian dari variabel Y perilaku kejujuran yang tergolong tinggi sebanyak 9 orang atau (15%), yang tergolong sedang sebanyak 47 orang atau (78,33%), dan yang tergolong rendah sebanyak 4 orang atau (6,66%). Hasil dari penelitian ini adalah adanya pengaruh yang signifikan dilihat dari hasil uji product moment menyatakan bahwa bahwa rxy 0,2641 lebih besar dari taraf signifikan 5 % maupun taraf signifikan 1 % dengan perbandingan 0,254 < 0,2641 > 0,214. Berdasarkan temuan hasil penelitian bahwa Ha dapat diterima, “adanya pengaruh signifikan pendidikan keluarga terhadap perilaku kejujuran anak usia 6-12 tahun di desa Tanjung Lubuk OKI” Kata Kunci : pendidikan keluarga, perilaku kejujuran, anak usia 6-12 tahun

Item Type: Thesis (Undergraduate Thesis)
Uncontrolled Keywords: pendidikan keluarga perilaku kejujuran anak usia 6-12 tahun
Subjects: ?? L1 ??
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > 86208 - Pendidikan Agama Islam (S1)
Depositing User: fakultas tarbiyah dan keguruan
Date Deposited: 20 Sep 2021 06:47
Last Modified: 20 Sep 2021 06:47
URI: http://repository.radenfatah.ac.id/id/eprint/11133

Actions (login required)

View Item View Item