ANALISIS ZAT PEWARNA RHODAMIN B PADA SAUS CABAI YANG BEREDAR DI KAMPUS UNIVERSITAS ISLAM NEGERI RADEN FATAH PALEMBANG DAN SUMBANGSIHNYA PADA MATERI KIMIA DALAM MAKANAN DI KELAS VIII SMP/MTS

CHRISLIA, DEBBY (2016) ANALISIS ZAT PEWARNA RHODAMIN B PADA SAUS CABAI YANG BEREDAR DI KAMPUS UNIVERSITAS ISLAM NEGERI RADEN FATAH PALEMBANG DAN SUMBANGSIHNYA PADA MATERI KIMIA DALAM MAKANAN DI KELAS VIII SMP/MTS.

[img]
Preview
Text
BAB I - 5.pdf

Download (681kB) | Preview

Abstract

Saus cabai merupakan salah satu produk olahan pangan yang sangat populer karena digunakan sebagai pelengkap dalam pengolahan makanan. Umumnya pada proses pembuatan saus cabai ditambahkan zat pewarna agar menghasilkan warna yang lebih menarik. Saat ini semakin banyak produsen makanan menggunakan zat pewarna yang sudah dilarang penggunannya. Rhodamin B merupakan zat pewarna berupa serbuk kristal berwarna hijau atau ungu kemerahan, tidak berbau, serta mudah larut dalam larutan warna merah terang berfluoresan sebagai bahan pewarna tekstil. Rhodamin saat ini masih ada produk makanan yang ditemukan mengandung rhodamin B sebagai seperti kerupuk, saus, es dan kue- kue lainnya. Rhodamin B merupakan zat pewarna sintetik yang dilarang penggunaannya dalam makanan dan dinyatakan bahan yang berbahaya menurut Peraturan Menteri Kesehatan RI No. 722/Menkes/Per/IX/1998. Rhodamin B bersifat karsinogenik dalam penggunaan jangka panjang dapat menyebabkan kerusakan hati, pembengkakan ginjal dan kanker. Jenis penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan metode eksperimen laboratorium. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui ada tidaknya rhodamin B dalam sampel menggunakan kromatografi lapis tipis (KLT). Hasil penelitian menunjukkan bahwa dari 7 sampel yang diperiksa tidak teridentifikasi adanya zat warna rhodamin B dan menunjukkan F hitung lebih kecil dari F tabel (F hitung< F tabel) (3,61< 3,71) Pewarna sintetis yang terkandung dalam sebagian besar sampel yang dianalisis adalah pewarna yang memungkinkan penggunaannya untuk makanan oleh Peraturan Menteri Kesehatan RI seperti ponceau 4R dan amaran dan sumbangsih penelitian yang diberikan oleh peneliti berupa lembar kerja siswa dan rencana pelaksanaan pembelajaran.

Item Type: Article
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > 84205 - Pendidikan Biologi
Depositing User: UPT Perpustakaan Pusat
Date Deposited: 20 Sep 2021 07:55
Last Modified: 20 Sep 2021 07:55
URI: http://repository.radenfatah.ac.id/id/eprint/11136

Actions (login required)

View Item View Item