JUAL BELI BERBASIS ARISAN IKAN DIKOLAM PEMANCINGAN AINI PERUMAHAN BUKIT SEJAHTRA PALEMBANG DALAM PRESPEFKTIF FIQH MUAMALAH

WULANDARI, PUJI TRY RAHAYU (2017) JUAL BELI BERBASIS ARISAN IKAN DIKOLAM PEMANCINGAN AINI PERUMAHAN BUKIT SEJAHTRA PALEMBANG DALAM PRESPEFKTIF FIQH MUAMALAH. Undergraduate Thesis thesis, UNIVERSITAS ISLAM NEGERI RADEN FATAH PALEMBANG.

[img]
Preview
Text
SKRIPSI - PUJI TRY RAHAYU WULANDARI.pdf

Download (2MB) | Preview

Abstract

Diantara sarana manusia dalam bermuamalah yang banyak dilakukan ialah melalui transaksi jual beli. Realita dalam praktek jual beli dalam masyarakat ditemukan kasus yang tidak memperhatikan hal-hal yang merugikan satu sama lain. Kerugian tersebut terjadi karena adanya objek ataupun mekanisme yang tidak sesuai, salah satunya sebagaimana dalam objek penelitian ini yaitu pola mancing di kolam pemancingan Aini yang menerapkan sistem arisan mancing. Rumusan masalah panelitian ini adalah (1) Bagaimana mekanisme arisan mancing di kolam pemancingan Aini Perumahan Bukit Sejahtera Palembang? dan (2) Bagaimana perspektif fiqh muamalah terhadap jual beli dengan sistem arisan mancing di kolam pemancingan Aini? Metodologi penelitian ini kuantitatif melalui penelitiian lapangan (field research) dengan cara mengikuti aktivitas serta menjadi pengamat di kolam pemancingan Aini Palembang dengan tujuan untuk mendapat berbagai jawaban atas persoalan yang menjadi dasar penelitian ini. Hasil dari penelitian adalah (1) Jika arisan pada umumnya bersifat undian, semua anggota mendapatkan kesempatan yang sama untuk memperoleh hasil dari arisan dengan waktu yang berbeda dan dalam jangka waktu tertentu. Namun, berbeda dengan sistem arisan yang diterapkan oleh pihak kolam pemancingan Aini yang menjadi masalah ketika arisan berlangsung prosedur pembagian hasil yang didapat peserta tidak merata karena mereka memberikan deposit yang sama tetapi hasilnya berbeda, tergantung pada keberuntungan mereka dalam mendapat hasil dari pancingan; (2) Jual Beli dengan sistem arisan yang diterapkan pada kolam pemancingan di Palembang salah satunya pada kolam pemancingan Aini tidak sesuai dengan arisan pada umumnya, dikarenakan pihak-pihak yang melakukan arisan mancing terdapat unsur untung dan rugi, yakni jika di satu pihak ada yang mendapat keuntungan maka pihak lain mendapat kerugian. Biasanya, keuntungan yang diraihnya jauh lebih kecil daripada kerugian yang ditimbulkan. Hal inilah yang telah melanggar atau keluar dari syariat Islam. Hal tersebut mengandung unsur may’sir (judi), seperti yanng diketahui bahwa judi itu hukumnya Haram.

Item Type: Thesis (Undergraduate Thesis)
Subjects: Syariah dan Hukum > Hukum (Umum)
Divisions: Fakultas Syariah dan Hukum > 74234 - Hukum Ekonomi Syariah (Mu'amalah)
Depositing User: UPT Perpustakaan Pusat
Date Deposited: 20 Sep 2021 06:48
Last Modified: 20 Sep 2021 06:48
URI: http://repository.radenfatah.ac.id/id/eprint/11146

Actions (login required)

View Item View Item