HUBUNGAN GAYA BELAJAR SISWA DENGAN HASIL BELAJAR SISWA KELAS IV PADA MATA PELAJARAN IPA DI MADRASYAH IBTIDAIYAH MAHAD ISLAMI PALEMBANG.[SKRIPSI]

AGUSTINA, RIZA (2017) HUBUNGAN GAYA BELAJAR SISWA DENGAN HASIL BELAJAR SISWA KELAS IV PADA MATA PELAJARAN IPA DI MADRASYAH IBTIDAIYAH MAHAD ISLAMI PALEMBANG.[SKRIPSI]. Diploma thesis, UIN RADEN FATAH PALEMBANG.

[img]
Preview
Text
RIZA AGUSTINA 12270120.pdf

Download (1MB) | Preview

Abstract

Skripsi ini membahas tentang hubungan gaya belajar siswa dengan hasil belajar siswa pada mata pelajaran IPA di MI Mahad Islami Palembang. Kajian ini dilatar belakangi oleh banyaknya gaya belajar siswa di Madrasyah tersebut sehingga ada dugaan berpengaruh terhadap nilai belajar siswa. Tujuan penelitian ini adalah: 1) Untuk mengetahui gaya belajar siswa kelas IV pada mata pelajaran IPA di Madrasyah Ibtidaiyah Mahad Islami Palembang, 2) Untuk mengetahui hasil belajar siswa kelas IV pada mata pelajaran IPA di Madrasyah Ibtidaiyah Mahad Islami Palembang, dan 3) Untuk mengetahui hubungan gaya belajar siswa dengan hasil belajar siswa kelas IV pada mata pelajaran IPA di Madrasyah Ibtidaiyah Mahad Islami Palembang. Jenis penelitian ini termasuk penelitian kuantitatif dengan teknik analisis statistik product moment. Pengumpulan data diperoleh melalui angket, dokumentasi, dan tes. Sampel yang digunakan hanya 1 kelas 18 orang. Yang menjadi objek penelitian siswa kelas IV pada mata pelajaran IPA di MI mahad Islami Palembang. Hasil penelitian menunjukkan bahwa gaya belajar siswa kelas IV yang berjumlah 18 orang mempunyai masing-masing gaya belajar, yaitu 5 orang siswa bergaya belajar Visual, 4 orang siswa bergaya belajar auditorial, 1 orang siswa bergaya belajar kinestetik, selanjutnya peneliti juga menemukan 4 orang siswa yang mempunyai gaya belajar campuran antara visual dan kinestetik, dan kemudian 4 orang siswa bergaya belajar campuran antara auditorial dan kinestetik. dapat kita ketahui bahwa gaya belajar siswa diiringin pula dengan tingginya hasil belajar siswa pada mata pelajaran IPA di Madrasyah Ibtidaiyah Mahad Islami Palembang, sebagaimana peneliti menggunakan posttest untuk mengetahui hasil belajar pada gaya belajar visual yang berjumlah 5 orang siswa berada pada mean 77, gaya belajar auditorial yang berjumlah 4 orang siswa berada pada mean 60, gaya belajar kinestetik yang hanya berjumlah 1 orang siswa mempunyai mean 25, sedangkan gaya belajar campuran antara visual dan kinestetik sebanyak 4 orang siswa berada pada mean 50 dan gaya campuran auditorial dan kinestetik yang berjumlah 4 orang berada pada mean 34. Dapat kita lihat bahwa siswa kelas IV mempunyai gaya belajar dan hasil belajar yang berbeda beda. kemudian dilakukan perhitungan melalui analisis product moment. Hasil perhitungan tersebut kemudian dikonsultasikan dengan tabel, dan ternyata setelah diolah dengan tabel perhitungan korelasi pada taraf signifikansi 5% (0,468), sedangkan pada taraf signifikansi 1% (0,590). Karena rxy (0,79142152) pada taraf signifikasi 5% lebih besar dari rtabel, maka pada taraf signifikansi 5% hipotesis nol ditolak, sedangkan Hipotesis alternatif disetujui / diterima, berarti bahwa pada taraf signifikansi 5% itu memang terdapat korelasi positif yang signifikansi antara variabel X dan Variabel Y. selanjutnya pada taraf signifikansi 1% juga < dari pada rxy maka hipotesis nihil ditolak sedangkan hipotesis alternatif disetujui / diterima. Dengan demikian, hipotesis penelitian ini telah terjawab, yakni “ Terdapat hubungan yang signifikan antara gaya belajar siswa dengan hasil belajar siswa kelas IV pada mata pelajaran IPA di Madrasyah Ibtidaiyah Mahad Islami Palembang. Dan pada angka indeks terhadap interprestasi 0,70 – 0,90 adalah “Antara Variabel X dan Variabel Y terdapat korelasi yang kuat atau tinggi.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? L1 ??
Depositing User: UPT Perpustakaan Pusat
Date Deposited: 27 Jul 2017 01:34
Last Modified: 27 Jul 2017 01:34
URI: http://repository.radenfatah.ac.id/id/eprint/1117

Actions (login required)

View Item View Item