PENGARUH PENGGUNAAN MEDIA TIGA DIMENSI (MODEL PADAT) DALAM MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA KELAS V PADA MATA PELAJARAN MATEMATIKA DI MADRASAH IBTIDAIYAH NURUL ISLAM PARITTIGA BANGKA BARAT

Aulia, Ihwana (2016) PENGARUH PENGGUNAAN MEDIA TIGA DIMENSI (MODEL PADAT) DALAM MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA KELAS V PADA MATA PELAJARAN MATEMATIKA DI MADRASAH IBTIDAIYAH NURUL ISLAM PARITTIGA BANGKA BARAT. Undergraduate Thesis thesis, UIN Raden Fatah Palembang.

[img]
Preview
Text
print bab keseluruhan.pdf

Download (1MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini berjudul “Pengaruh Penggunaan Media Tiga Dimensi (Model Padat) dalam Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Kelas V pada Mata Pelajaran Matematika di Madrasah Ibtidaiyah Nurul Islam Parittiga Bangka Barat”. Latar belakang masalah dalam penelitian ini adalah rendahnya hasil belajar siswa pada mata pelajaran matematika dan sangat jarang digunakan media pembelajaran dalam proses pembelajaran. Rumusan masalah yang akan diteliti dalam skripsi ini adalah Bagaimana penggunaan Media Tiga Dimensi (Model Padat) dalam meningkatkan hasil belajar siswa kelas V pada mata pelajaran Matematika di Madrasah Ibtidaiyah Nurul Islam Parittiga dan bagaimana pengaruh penggunaan Media Tiga Dimensi (Model Padat) dalam meningkatkan hasil belajar siswa kelas V pada mata pelajaran Matematika di Madrasah Ibtidaiyah Nurul Islam Parittiga. Adapun yang menjadi tujuan penelitian dari penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan bagaimana penggunaan media tiga dimensi (model padat) dalam meningkatkan hasil belajar siswa pada mata pelajaran Matematika kelas V MI Nurul Islam Parittiga, untuk mengetahui hasil belajar siswa yang menggunakan dan tidak menggunakan media tiga dimensi (model padat) pada materi jaring-jaring balok dan kubus, dan untuk mengetahui pengaruh penggunaan media tiga dimensi (model padat) dalam meningkatkan hasil belajar siswa kelas V pada mata pelajaran Matematika di Madrasah Ibtidaiyah Nurul Islam Parittiga. Kegunaan penelitian ini secara teoritis adalah sebagai bahan acuan dan referensi pada penelitian sejenis yang dilakukan di masa yang akan datang. Secara praktis kegunaan penelitian ini untuk Guru adalah untuk menambah wawasan guru bahwa media adalah salah satu alat yang bisa digunakan dalam menyampaikan materi pelajaran, dan sangat berperan dalam membantu kelancaran pembelajaran , untuk memberi pengarahan kepada guru bahwa penggunaan media yang relevan dapat membantu meningkatkan hasil belajar siswa dalam proses pembelajaran, untuk memberi motivasi kepada guru agar bisa membuat dan menggunakan media yang relevan sebagai alat bantu dalam proses pembelajaran. Jenis penelitian ini adalah penelitian lapangan (field research) yang berbentuk eksperimen (experimental method). Penelitian ini merupakan rancangan eksperimen One Group Pretest-Posttest Design dalam rancangan ini, memilih subjek menjadi satu kelompok yang dikenai perlakuan Pretest-Posttest Berdasarkan analisis data dengan rumus tes t adalah nilai perhitungan tes t lebih besar daripada t-tabel, baik pada taraf signifikan 5% maupun pada taraf signifikan 1% dengan rincian 2,11 < 18,13 > 2,90 Ha diterima dan Ho ditolak. Maka kesimpulan dari penelitian ini yakni terdapat pengaruh penggunaan Media Tiga Dimensi Model Padat dalam meningkatkan hasil belajar siswa kelas V pada mata pelajaran Matematika di Madrasah Ibtidaiyah Nurul Islam Parittiga.

Item Type: Thesis (Undergraduate Thesis)
Subjects: ?? LB1501 ??
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > 86232 - Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: UPT Perpustakaan Pusat
Date Deposited: 20 Sep 2021 06:52
Last Modified: 20 Sep 2021 06:52
URI: http://repository.radenfatah.ac.id/id/eprint/11193

Actions (login required)

View Item View Item