PENGARUH PENGGUNAAN MIND MAPPING PADA PEMBELAJARAN FIQIH TERHADAP PEMAHAMAN SISWA (Studi Eksperimen Siswa Kelas VIII di MTs Negeri 1 OKU Timur)

IRAWAN, DODI (2019) PENGARUH PENGGUNAAN MIND MAPPING PADA PEMBELAJARAN FIQIH TERHADAP PEMAHAMAN SISWA (Studi Eksperimen Siswa Kelas VIII di MTs Negeri 1 OKU Timur). Masters thesis, UIN RADEN FATAH PALEMBANG.

[img]
Preview
Text
BAB 1 ACC.pdf

Download (174kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB 2 ACC.pdf

Download (404kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB 3 ACC.pdf

Download (215kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB 4 ACC.pdf

Download (524kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB 5 ACC.pdf

Download (53kB) | Preview

Abstract

Dodi Irawan, NIM. 1702012139. Pengaruh penggunaan mind mapping pada pembelajaran fiqih terhadap pemahaman siswa (Studi eksperimen siswa kelas VIII di MTs Negeri 1 OKU Timur) Pada proses pembelajaran biasanya guru akan menyuruh siswa untuk mencatat materi. Pencatatan dilakukan agar mempermudah siswa mengingat dan memahami, selain itu setelah pembelajaran selesai siswa juga bisa membaca kembali catatan yang dimilikinya. pencatatan yang digunakan di beberapa sekolah terutama di MTs Negeri 1 OKU Timur, masih menggunakan pencatatan linier. siswa mencatat beurutan dalam bentuk garis lurus menggunakan bolpoin hitam atau biru. Hal ini yang digunakan hanyalah kemampuan otak kiri, dalam mencatat linier fungsi kinerja otak kurang maksimal termasuk dalam mengolah informasi yang diterima, berbeda dengan mind mapping yang dapat menggabungkan dua fungsi belahan otak yang merupakan cara mencatat kreatif, efektif dan inovatif. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh penggunaan mind mapping pada pembelajaran fiqih terhadap pemahaman siswa di MTs Negeri 1 OKU Timur. Penelitian ini adalah penelitian eksperimen. Populasi penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VIII yang berjumlah 245 siswa terbagi kedalam tujuh kelas. Pengambilan sampel pada penelitian ini dengan menggunakan teknik cluster sampling yaitu kelas VIII.C sebagai kelas eksperimen dan kelas VIII.D sebagai kelas kontrol dengan total responden 32 siswa kelas eksperimen dan 32 siswa kelas kontrol. Design yang digunakan dalam penelitian ini adalah pretestposttest control group design. Teknik pengumpulan data pada penelitian ini menggunakan Instrumen tes multiple choice sebanyak 20 soal yang telah divalidasi dengan teknik validasi konstruk setelah di uji cobakan ke lapangan kemudian hasilnya di validasi lagi dengan teknik validasi content butir soal. Adapun teknik analisa data menggunakan uji independent sample t-test gain score kelas eksperimen dan kelas kontrol. Hasil penelitian yakni pada data gain score diperoleh nilai sig 2-tailed 0,00 artinya nilai probability kurang dari 0,05 (0,00<0,05), hal ini menunjukan bahwa Ha diterima, yakni ada perbedaan yang signifikan pemahaman siswa kelas eksperimen dengan kelas kontrol. Berdasarkan hasil uji hipotesis tersebut dapat disimpulkan bahwa penggunaan mind mapping pada pembelajaran fiqih berpengaruh terhadap pemahaman siswa. Selanjutnya untuk melihat besarnya pengaruh tersebut maka di uji lagi dengan menggunakan effect size. Effect size merupakan ukuran mengenai besarnya pengaruh suatu variabel terhadap variabel lain. Hasil uji effect size (d) diperoleh nilai sebesar 1,03 maka masuk dalam kategori besar 0,8  d  2,0 yaitu (0,8  1,03  2,0). Hal ini menunjukan bahwa penggunaan mind mapping pada pembelajaran fiqih memberikan pengaruh besar terhadap pemahaman siswa. Kata kunci: mind mapping, pemahaman siswa

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: ?? L1 ??
Divisions: ?? Pendidikan_Agama_Islam_S2 ??
Depositing User: UPT Perpustakaan Pusat
Date Deposited: 20 Sep 2021 06:56
Last Modified: 20 Sep 2021 06:56
URI: http://repository.radenfatah.ac.id/id/eprint/11228

Actions (login required)

View Item View Item