PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE KANCING GEMERINCING TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN MATEMATIKA DI MADRASAH IBTIDAIYAH DAARUL AITAM PALEMBANG

desslka, vopyco (2018) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE KANCING GEMERINCING TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN MATEMATIKA DI MADRASAH IBTIDAIYAH DAARUL AITAM PALEMBANG. Undergraduate Thesis thesis, UIN RADEN FATAH PALEMBANG.

[img]
Preview
Text
VOPYCO DESSILKA (14270140).pdf

Download (2MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini membahas tentang pengaruh model pembelajaran kooperatif tipe kancing gemerincing terhadap hasil belajar siswa pada mata pelajaran matematika di Madrasah Ibtidaiyah Daarul Aitam Palembang. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hasil belajar siswa pada mata pelajaran matematika kelas IV yang menggunakan model pembelajaran koopeartif tipe kancing gemerincing di Madrasah Ibtidaiyah Daarul Aitam Palembang, untuk mengetahui hasil belajar siswa pada mata pelajaran matematika kelas IV yang tidak menggunakan model pembelajaran koopeartif tipe kancing gemerincing di Madrasah Ibtidaiyah Daarul Aitam Palembang, dan untuk mengetahui adakah pengaruh model pembalajaran koopeartif tipe kancing gemerincing terhadap hasil belajar siswa pada mata pelajaran matematika kelas IV di Madrasah Ibtidaiyah Daarul Aitam Palembang. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif. Jenis penelitian ini adalah penelitian true eksperimental design dengan desain penelitian post-test only control design. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas IV di Madrasah Ibtidaiyah Daarul Aitam Palembang yang berjumlah 90 siswa. Adapun yang menjadi sampel dalam penelitian ini yaitu siswa kelas IV A dan IV B yang berjumlah sebanyak 60 siswa. Teknik pengambilan sampel yang digunakan yaitu cluster sampling. Untuk mendapatkan data, peneliti melakukan wawancara, observasi, dokumentasi dan tes. Teknik analisis data yang digunakan adalah dengan menggunakan rumus Uji “t”. Hasil penelitian menyatakan bahwa hasil belajar siswa kelas IV yang meggunakan model pembelajaran kooperatif tipe kancing gemerincing berada pada kategori baik dengan rata-rata nilai kelas yaitu 78 dan hasil belajar siswa kelas IV yang tidak diterapkan model pembelajaran kooperatif tipe kancing gemerincing berada pada kategori cukup/rendah dengan nilai rata-rata 57. Hasil analisis data menunjukan bahwa terdapat pengaruh yang signifikan antara penerapan model pembalajaran kooperatif tipe kancing gemerincing terhadap hasil belajar siswa pada mata pelajaran matematika di Madrasah Ibtidaiyah Daarul Aitam Palembang. Hal ini dapat dilihat dari perhitungan hasil uji hipotesis yang membandingkan besarnya t yang diperoleh dalam perhitungan (thitung = 8,387) dan besarnya t yang tercantum pada tabel (tt.ts5%=2,00) dan (tt.ts1%=2,65). Maka dapat diketahui bahwa thitung lebih besar ttabel; yaitu 2,00<8,387>2,65. Jadi karena thitung lebih besar dari ttabel maka H0 ditolak sehingga dapat disimpulkan terdapat pengaruh yang signifikan antara model pembelajaran koopeartif tipe kancing gemerincing terhadap hasil belajar siswa pada mata pelajaran matematika di Madrasah Ibtidaiyah Daarul Aitam Palembang.

Item Type: Thesis (Undergraduate Thesis)
Subjects: ?? L1 ??
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > 86232 - Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: UPT Perpustakaan Pusat
Date Deposited: 20 Sep 2021 07:00
Last Modified: 20 Sep 2021 07:00
URI: http://repository.radenfatah.ac.id/id/eprint/11233

Actions (login required)

View Item View Item