KONSEP PENDIDIKAN PADA MASA PRENATAL DALAM PERSPEKTIF ISLAM

PUTRI ZIKA, AMALIA (2018) KONSEP PENDIDIKAN PADA MASA PRENATAL DALAM PERSPEKTIF ISLAM. Undergraduate Thesis thesis, UIN RADEN FATAH PALEMBANG.

[img]
Preview
Text
BAGIAN DEPAN 1-skripsi fix bakar 222.pdf

Download (5MB) | Preview

Abstract

Pendidikan menjadi sarana utama yang perlu dikelola secara sistematis dan konsisten berdasarkan berbagai pandangan teori dan praktik yang berkembang dalam kehidupan. Anak adalah amanah bagi kedua orang tuanya. Masa depan anak terletak pada desain pendidikan yang diberikan orang tuanya. Akhlak mulia dan terpuji yang dimiliki oleh seorang anak merupakan ukuran pokok bagi berhasil atau tidaknya sebuah proses pendidikan dalam perspektif Islam. Mengingat pendidikan sangat perlu dilakukan sejak dini, maka tepatlah bila pendidikan pada masa prenatal diterapkan dalam keluarga. Periode anak dalam kandungan merupakan awal mula berperannya pendidikan. Permasalahan dalam penelitian ini adalah Bagaimana deskripsi tentang pengertian dan tujuan pendidikan prenatal dalam perspektif Islam ? Bagaimana deskripsi tentang peran orang tua dalam mendidik anak pada masa prenatal ? Bagaimana tahap pelaksanaan pendidikan prenatal dalam perspektif Islam ? dan Bagaimana metode pendidikan pada masa prenatal dalam perspektif Islam ? adapun tujuannya yaitu untuk mengetahui deskripsi tentang pengertian dan tujuan pendidikan prenatal dalam perspektif Islam, untuk mengetahui deskripsi tentang peran orang tua dalam mendidik anak pada masa prenatal, untuk mengetahui tahapan pendidikan prenatal dalam perspektif Islam, dan untuk mengetahui metode pendidikan pada masa prenatal dalam perspektif Islam. Penelitian ini penelitian kepustakaan (librarry reseach), yang menjadi sumber data ada dua jenis, yaitu sumber data primer adalah Al-Qur’an dan Hadist, sedangkan sumber data sekunder adalah buku-buku yang berkaitan dengan pendidikan prenatal dan buku penunjang lainnya. Jenis data adalah kualitatif.. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan observasi literatur , teknik analisis data yang digunakan adalah deskriptif analytic yang menggunakan pencarian fakta yang diinterprestasi dengan tepat, kemudian dianalisis dengan menguraikan secara cermat, data yang telah dianalisis kemudian dipaparkan dengan metode deduktif. Pendidikan pada masa prenatal adalah usaha sadar orang tua mengenai pendidikan yang diberikan kepada anak sebelum lahir melalui ibunya yang bersifat peneladanan, tahap-tahap pelaksanaan pendidikan prenatal dalam Islam meliputi memilih pasangan hidup, pernikahan dan membina rumah tangga, hubungan suami-istri, kehamilan dan perkembangan janin, menjauhi maksiat dan dosa, menghormati orang tua dan mertua, ikhlas mendidik anak, dan menjauhi makanan haram. Adapun metode pendidikan anak pada masa prental dalam Islam meliputi metode kasih sayang, metode beribadah, metode membaca Al-Qur’an, metode bercerita, metode bermain dan bernyanyi, dan metode do’a.

Item Type: Thesis (Undergraduate Thesis)
Subjects: ?? L1 ??
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > 86208 - Pendidikan Agama Islam (S1)
Depositing User: UPT Perpustakaan Pusat
Date Deposited: 20 Sep 2021 07:02
Last Modified: 20 Sep 2021 07:02
URI: http://repository.radenfatah.ac.id/id/eprint/11260

Actions (login required)

View Item View Item