HUBUNGAN ANTARA MEDIA GRAFIS DENGAN MOTIVASI BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM KELAS VII DI SMP NEGERI 46 PALEMBANG

gustiawan, eka (2017) HUBUNGAN ANTARA MEDIA GRAFIS DENGAN MOTIVASI BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM KELAS VII DI SMP NEGERI 46 PALEMBANG. Undergraduate Thesis thesis, UIN RADEN FATAH PALEMBANG.

[img]
Preview
Text
EKA GUSTIAWAN 12210072.pdf

Download (2MB) | Preview

Abstract

Proses pembelajaran yang terjadi pada saat ini hanyalah menggunakan media seadanya sebagai fasilitas dan alat bantu untuk mencapai tujuan pembelajaran sehingga membuat siswa menjadi bosan dan guru terkesan monoton dalam menyampaikan materi. Proses pembelajaran akan tercapai apabila guru pandai dalam menyampaikan materi dan di dukung oleh metode dan media sebagai alat bantu untuk memahami pesan yang disampaikan oleh guru. Melihat fenomena yang terjadi di SMP Negeri 46 Palembang, media pembelajaran yang digunakan masih menggunakan media yang seadanya saja, sehingga memungkinkan siswa kurang tertarik dalam mengikuti proses pembelajaran.Media grafisdapat menjadi ragam baru bagi pengembangan media dalam dunia pendidikan, yang dapat menjadi alternatif bagi guru dalam meningkatkan motivasi belajar siswa sehingga materi yang akan disampaikan guru bisa diserap oleh siswa dengan lebih baik. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan antara grafich media dengan motivasi belajar siswa pada mata pelajaran Pendidikan Agama Islam materi Kelas VII di SMP Negeri 46 Palembang. Penelitian ini merupakan penelitian eksperimen yang menggunakan metode angket untuk mendapatkan data yang diperlukan. Jenis penelitian ini merupakan penelitian field research. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan metode angket, wawancara, observasi, dan dokumentasi. Metode analisis yang digunakan adalah analisis deskriptif kuantitatif dengan menggunakan statistik angka dan skor. Selanjutnya diolah dengan proses pemindahan data dalam bentuk tabel yaitu tabel frekuensi. Selanjutnya untuk menghitung mengetahui hubungan antara grafich media dengan motivasi belajar siswa digunakan rumus produk moment “rxy” pada taraf signifikansi 5% dan 1%. Berdasarkan hasil penelitian dan dilakukan perhitungan serta analisis data, maka hasil penelitian ini menunjukkan penggunaan media grafis di SMP Negeri 46 Palembang sudah berjalan dengan baik dari setiap tahap pelaksanaan. Sedangkan motivasi belajar siswa setelah dihubungkan dengan grafich media pada mata pelajaran Pendidikan Agama Islam Kelas VII di SMP Negeri 46 Palembang belajar siswanya tergolong baik sebesar 59,45%. Berdasarkan analisa data dengan menggunakan rumus statistik produk moment “rxy” ternyata terdapat hubungan motivasi belajar yang signifikan dengan grafich media pada mata pelajaran Pendidikan Agama Islam kelas VII di SMP Negeri 46 Palembang, setelah diketahui nilai “rxy” diperoleh nilai ttabel = 0,746adalah lebih besar dari pada “r” tabel baik pada taraf signifikansi 1% maupun 5% atau 0,325 < 0,746> 0,418. Hal ini berarti H0 ditolak dan Ha diterima. Berdasarkan perhitungan data tersebut maka dapat disimpulkan bahwa penggunaan media grafis mempunyai hubungan dengan motivasi belajar siswa pada mata pelajaran Pendidikan Agama Islam kelas VII di SMP Negeri 46 Palembang. Untuk itu disarankan penggunaan grafich media dalam proses belajar mengajar termasuk dalam pembelajaran Pendidikan Agama Islam, dan penggunaan media grafis terbukti mempunyai hubungan untuk meningkatkan motivasi belajar siswa.

Item Type: Thesis (Undergraduate Thesis)
Subjects: ?? L1 ??
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > 86208 - Pendidikan Agama Islam (S1)
Depositing User: UPT Perpustakaan Pusat
Date Deposited: 20 Sep 2021 07:02
Last Modified: 20 Sep 2021 07:02
URI: http://repository.radenfatah.ac.id/id/eprint/11265

Actions (login required)

View Item View Item