PERAN GURU DALAM MENGATASI KESULITAN BELAJAR AL-QURAN PADA SISWA DI TAMAN PENDIDIKAN AL-QUR‟AN (TPA) AL-HASANAH DESA SRIMULYA KECAMATAN SINAR PENINJAUAN KABUPATEN OGAN KOMERING ULU

falah, nurul lutfih (2016) PERAN GURU DALAM MENGATASI KESULITAN BELAJAR AL-QURAN PADA SISWA DI TAMAN PENDIDIKAN AL-QUR‟AN (TPA) AL-HASANAH DESA SRIMULYA KECAMATAN SINAR PENINJAUAN KABUPATEN OGAN KOMERING ULU. Undergraduate Thesis thesis, UIN RADEN FATAH PALEMBANG.

[img]
Preview
Text
Skripsi Lutfi Nurul Falah pdf.pdf

Download (1MB) | Preview

Abstract

Dalam pendidikan guru memiliki banyak peran dalam meningkatkan kualitas pendidikan itu sendiri, selain sebagai pendidik guru juga memiiki peran sebagai pembimbing dalam mengatasi masalah yang di hadapi peserta didiknya. Kesulitan belajar merupakan masalah yang sering timbul dalam pendidikan berdasarkan hal tersebut diharapkan guru dapat mengatasi masalah kesulitan belajar yang di hadapi siswa berdasarkan pada faktor penyebabnya guna tercapainya pembelajaran yang diinginkan. Rumusan masalah dalam penelitian ini. Apa saja bentuk kesulitan belajar Al-Qur‟an pada siswa di Taman Pendidikan Al-Qur‟an (TPA) Al�Hasanah Desa Srimulya Kecamatan Sinar Peninjauan Kabupaten Ogan Komering Ulu? Apa saja faktor-faktor yang menyebabkan kesulitan belajar Al-Qur‟an pada siswa di TPA Al-Hasanah Desa Srimulya Kecamatan Sinar Peninjauan Kabupaten Ogan Komering Ulu? Bagaimana peran guru dalam mengatasi kesulitan belajar Al�Qur‟an pada siswa di TPA Al-Hasanah Desa Srimulya Kecamatan Sinar Peninjauan Kabupaten Ogan Komering Ulu? Skripsi ini merupakan jenis penelitian deskriptif kualitatif Adapun informandata yaitu dengan key instrumen 1 guru dan 1 kepala/pimpinan TPA Al-Hasanah. Untuk memperoleh data penulis menggunakan data: observasi yaitu mengamati proses pembelajaran Al-Qur‟an di TPA Al-Hasanah, wawancara untuk mengetahui kesulitan apa yang di alami siswa dalam belajar Al-Qur‟an dan peran guru dalam mengatasinya, dokumentasi untuk mengetahui data tentang keadaan guru , keadaan siswa dan sarana prasarana TPA Al-Hasanah. Dari data tersebut maka, diperoleh kesimpulan yaitu: kesulitan yang dialami siswa berupa kesulitan menuliskan huruf sambung hijaiyah, kesulitan membedakan pengucapan huruf (makharijul huruf), dan mengingat tanda waqaf, hal ini dipicu adanya beberapa faktor diantaranya faktor ekstern dan intern, faktor ekstern meliputi lingkungan keluarga, lingkungan sekolah, dan lingkungan masyarakat, sedangkan faktor intern meliputi kebribadian siswa berupa intelegensi (kurang konsentrasi), malas dan tidak disiplin, berdasarkan faktor dan kesulitan yang dialami siswa tersebut maka peran guru dalam mengatasinya yaitu dengan peran guru sebagai pembimbing yang memberikan bimbingan terhadap siswa yang mengalami kesulitan dalam belajar berdasarkan pada faktor lingkungan maupun faktor dari segi kognitif, peran guru sebagai motivator yaitu guru berperan memberikan dukungan kepada siswa yang tidak mendapatkan dukungan secara penuh di lingkungan keluarga

Item Type: Thesis (Undergraduate Thesis)
Subjects: ?? L1 ??
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > 86208 - Pendidikan Agama Islam (S1)
Depositing User: UPT Perpustakaan Pusat
Date Deposited: 20 Sep 2021 07:03
Last Modified: 20 Sep 2021 07:03
URI: http://repository.radenfatah.ac.id/id/eprint/11272

Actions (login required)

View Item View Item