PENGARUH STRATEGI THE POWER OF TWO TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA MATA PELAJARAN IPS DI MADRASAH IBTIDAIYAH NASHRIYAH TANJUNG BARU OKI

ROJIPAH, ROJIPAH (2018) PENGARUH STRATEGI THE POWER OF TWO TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA MATA PELAJARAN IPS DI MADRASAH IBTIDAIYAH NASHRIYAH TANJUNG BARU OKI. Undergraduate Thesis thesis, UIN RADEN FATAH PALEMBANG.

[img]
Preview
Text
ROJIPAH 14270110.pdf

Download (1MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini membahas pengaruh strategi the power of two terhadap hasil belajar siswa kelas V mata pelajaran IPS di MI Nashriyah Tanjung Baru OKI. Alasan peneliti membahas masalah ini adalah hasil belajar siswa dalam pelajaran IPS kelas V di MI Nashriyah Tanjung Baru OKI masih tergolong rendah sehingga peneliti ingin berusaha menigkatkan hasil belajar siswa dengan menggunakan strategi the power of two dalam proses belajar mengajar. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah sebagai berikut. 1) Bagaimana penerapan strategi The Power Of Two terhadap hasil belajar siswa mata pelajaran IPS kelas V di Madrasah Ibtidaiyah Nashriyah Tanjung Baru OKI? 2) Bagaimana hasil belajar siswa sebelum dan sesudah menggunakan strategi The Power Of Two mata pelajaran IPS kelas V di Madrasah Ibtidaiyah Nashriyah Tanjung Baru OKI? 3) Apakah terdapat pengaruh strategi The Power Of Two terhadap hasil belajar siswa mata pelajaran IPS kelas V di Madrasah Ibtidaiyah Nashriyah Tanjung Baru OKI? Penelitian ini merupakan jenis penelitian eksperimen dengan pendekatan kuantitatif. Pre Experimental Designs bentuk One Group Pretest-Posttest Design. Teknik yang digunakan oleh peneliti adalah observasi, wawancara, tes (pretest dan posttest), dan dokumentasi. Populasi dalam penelitian ini berjumlah 24 orang yaitu kelas V yang terdiri dari 14 orang laki-laki dan 10 orang perempuan. Sedangkan teknik analisis data yang digunakan adalah ujin tes ”t”. Hasil penelitian ini menunjukkan temuan sebagai berikut. Pertama, penerapan strategi the power of two yang dilaksanakan praktek langsung 4x pertemuan dengan materi proklamasi kemerdekaan indonesia yang dapat dilihat melalui observasi guru kelas ketika peneliti melakukan penelitian. Kedua, hasil belajar sebelum dan sesudah penerapan strategi the power of two mengalami peningkatan, hal ini dapat dilihat dari presentase hasil belajar siswa pada pada saat pretest yaitu yang tergolong kategori nilai tinggi sebanyak 5 orang siswa (21%), nilai sedang 15 orang siswa (62%), dan nilai rendah 4 orang siswa (17%) sedangkan pada posttest yang tergolong kategori nilai tinggi sebanyak 6 orang siswa (25%), nilai sedang 13 orang siswa (54%), dan nilai rendah 5 orang siswa (21%). Ketiga, Uji hipotesis dengan menggunakan rumus uji “t” didapatkan kesimpulan besarnya t yang diperoleh dalam perhitungan ( = - 15,29) dan besarnya t yang tercantum pada tabel = 2,07 dan = 2,81% maka dapat diketahui bahwa lebih besar dari pada yaitu 2,07<15,29>2,81. Dengan demikian dari uji hipotesa penelitian diatas dapat disimpulkan bahwa yang diajukan ditolak. Ini berarti diterima, bahwa terdapat pengaruh yang signifikan antara penerapan strategi the power of two terhadap hasil belajar siswa mata pelajaran IPS di Madrasah Ibtidaiyah Nashriyah Tanjung Baru OKI

Item Type: Thesis (Undergraduate Thesis)
Subjects: ?? L1 ??
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > 86232 - Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: UPT Perpustakaan Pusat
Date Deposited: 20 Sep 2021 07:04
Last Modified: 20 Sep 2021 07:04
URI: http://repository.radenfatah.ac.id/id/eprint/11285

Actions (login required)

View Item View Item