STRATEGI PENDIDIKAN KARAKTER DI SMK NEGERI 05 PALEMBANG

Sari, Fidia Elita (2017) STRATEGI PENDIDIKAN KARAKTER DI SMK NEGERI 05 PALEMBANG. Undergraduate Thesis thesis, UIN RADEN FATAH PALEMBANG.

[img]
Preview
Text
strategi pendidikan karakter smk 5 palembang.pdf

Download (4MB) | Preview

Abstract

Skripsi yang berjudul, “strategi pengembangan kurikulum berbasis pendidikan karakter di SMK Negeri 05 Palembang.” Adapun yang menjadi pokok kajian dalam penelitian ini adalah bagaimana stategi pengembangan kurikulum berbasis pendidikan karakter di SMK Negeri 05 Palembang dan apa saja faktor-faktor yang mempengaruhi stategi kurikulum berbasis pendidikan karakter di SMK Negeri 05 Palembang? Penelitian ini menggunakan penelitian kualitatif dengan pengumpulan data yang digunakan wawancara, observasi, dan dokumentasi. Jenis penelitian menggunakan rancangan studi kasus. Hasil penelitian menunjukan bahwa: (1) Perencanaan strategi pendidikan karakter siswa disusun jenis program ketata tertiban sekolah ialah SILABUS dan RPP, penyusunan ini dilakukan saat memasuki tahun ajaran baru oleh kepala sekolah dan wakil kepala sekolah dan seluruh staf guru dengan mengikuti mekanisme/prosedur penyusunan program pendidikan karakter siswa. (2) Pelaksanaan program pendidikan karakter siswa didasarkan atas perencanaan yang telah tersusun, pihak terlibat adalah seluruh warga sekolah baik kepala sekolah, wakil kepala sekolah, staf guru serta siswa. (3) Pengawasan siswa dilakukan melalui pengamatan secara terus menerus saat berlangsung proses pembelajaran pendidikan karakter siswa dengan diamati langsung oleh waka bidang kesiswaan, waka bidang kurikulum dan (4) Evaluasi progam pendidikan karakter dilakukan oleh kepala sekolah, untuk mengukur sejauh mana keberhasilan program kriteria keberhasilan evaluasi program pendidikan karakter siswa Hasil penelitian ini sebagai berikut, Pelaporan hasil evaluasi diserahkan pada kepala sekolah untuk kemudian diarsipkan menjadi bukti dokumen bahwa SMK Negeri 05 Palembang telah melaksanakan program pendidikan karakter siswa. Untuk itu disarankan : (1) Bagi kepala sekolah dan pihak guru dapat memberikan informasi bahwa program pendidikan karakter siswa harus dijalankan sebagai mestinya sesuai dengan pengelolaannya mulai dari perencanaan program, pelaksanaan program, pengawasan monitoring program serta dan evaluasi program agar motivasi pendidikan karakter siswa dapat terwujud. (2) Bagi siswa dapat meningkatkan semangat percaya diri dan bertanggung jawab agar nantinya dapat menjadi seorang yang bertanggung jawab dimasa yang akan datang. (3) Bagi peneliti dapat dijadikan sebagai bahan referensi untuk penelitian di masa mendatang

Item Type: Thesis (Undergraduate Thesis)
Subjects: ?? L1 ??
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > 86231 - Manajemen Pendidikan Islam (Kependidikan Islam)
Depositing User: UPT Perpustakaan Pusat
Date Deposited: 20 Sep 2021 07:05
Last Modified: 20 Sep 2021 07:05
URI: http://repository.radenfatah.ac.id/id/eprint/11287

Actions (login required)

View Item View Item