PENGARUH IMPLEMENTASI MODEL PEMBELAJARAN PENINGKATAN KEMAMPUAN BERPIKIR (MPPKB) TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN PAI (Studi Eksperimen Kelas X.A SMA Negeri 1 Penukal

APRIANSYAH, ADI (2015) PENGARUH IMPLEMENTASI MODEL PEMBELAJARAN PENINGKATAN KEMAMPUAN BERPIKIR (MPPKB) TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN PAI (Studi Eksperimen Kelas X.A SMA Negeri 1 Penukal. Undergraduate Thesis thesis, UIN RADEN FATAH PALEMBANG.

[img]
Preview
Text
SEKRIPSI LENGKAP ADI APRIANSYAH.pdf

Download (3MB) | Preview

Abstract

Skripsi ini membahas tentang Pengaruh Implementasi Model Pembelajaran Peningkatan Kemampuan Berfikir (MPPKB) Terhadap Hasil Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran PAI (Studi Eksperimen Kelas X.A SMA Negeri 1 Penukal), pada materi Prilaku Terpuji. Pada penelitian ini, bertujuan untuk mengetahui bagaimana hasil belajar PAI kelas eksperimen yang menerapkan model pembelajaran Model Pembelajaran Peningkatan Kemampuan Berfikir (MPPKB), bagaimana hasil belajar PAI kelas kontrol yang tidak menerapkan Model Pembelajaran Peningkatan Kemampuan Berfikir (MPPKB), Apakah ada perbedaan hasil belajar PAI di kelas eksperimen yang menerapkan Model Pembelajaran Peningkatan Kemampuan Berfikir (MPPKB) dan kelas kontrol yang tidak menerapkan Model Pembelajaran Peningkatan Kemampuan Berfikir (MPPKB) Di SMA Negeri 1 Penukal. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif dengan pendekatan eksperimental yang menggunakan teknik Posttest-Only Control Desaign. Adapun teknik pengambilan sampel dengan menggunakan teknik Simple Random Sampling, Sampel dalam penelitian ini adalah peserta didik kelas X.C sebagai kelas kontrol dengan jumlah 26 anak, dan kelas X.A sebagai kelas eksperimen dengan jumlah 26 anak. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan metode dokumentasi, observasi, dan tes. Metode dokumentasi dalam penelitian ini digunakan untuk memperoleh data mengenai gambaran umum lokasi penelitian di SMA Negeri 1 Penukal. Metode observasi digunakan untuk mengetahui proses belajar dalam pembelajaran dengan menggunakan Model Pembelajaran Peningkatan Kemampuan Berfikir (MPPKB) pada sub pokok bahasan Prilaku Terpuji. Dan metode tes digunakan untuk memperoleh data hasil belajar peserta didik kelas eksperimen dan kelas kontrol. Dalam penelitian ini, peneliti memberikan perlakuan yang berbeda, kelas eksperimen diberi pembelajaran dengan menggunakan Model Pembelajaran Peningkatan Kemampuan Berfikir (MPPKB) sedangkan kelas kontrol menggunakan metode konvensional. Dengan demikian, hasil eksperimen yang peneliti lakukan menunjukkan hasil sebagai berikut: Hasil belajar PAI di kelas kontrol yang tidak diterapkan Model Pembelajaran Peningkatan Kemampuan Berfikir (MPPKB) yang berjumlah 26 siswa memperoleh nilai rata-rata 70, dengan nilai yang tertinggi yaitu 100 dan nilai yang terendah yaitu 60 serta Standar Deviasi 15,53. Kemudian hasil belajar siswa PAI pada kelas e ksperimen yang diajarkan dengan Model pembelajaran active learning tipe modeling the way yaitu memperoleh nilai rata-rata 90, dengan nilai yang tertinggi yaitu 100 dan nilai yang terendah yaitu 75 serta Standar Deviasinya adalah 34,05 dengan rincian 2,00 < 3,008 > 2,67 baik pada taraf signifikan 1% maupun pada taraf signifikan 5%.

Item Type: Thesis (Undergraduate Thesis)
Subjects: ?? L1 ??
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > 86208 - Pendidikan Agama Islam (S1)
Depositing User: UPT Perpustakaan Pusat
Date Deposited: 20 Sep 2021 07:07
Last Modified: 20 Sep 2021 07:07
URI: http://repository.radenfatah.ac.id/id/eprint/11298

Actions (login required)

View Item View Item