PENGARUH METODE PROBLEM SOLVING TERHADAP KEMAMPUAN ANALISIS SISWA PADA MATERI POKOK UPAYA PELESTARIAN KEANEKARAGAMAN HAYATI INDONESIA DI KELAS X MA PATRA MANDIRI PLAJU

ARDONA, RINA (2017) PENGARUH METODE PROBLEM SOLVING TERHADAP KEMAMPUAN ANALISIS SISWA PADA MATERI POKOK UPAYA PELESTARIAN KEANEKARAGAMAN HAYATI INDONESIA DI KELAS X MA PATRA MANDIRI PLAJU. Undergraduate Thesis thesis, UIN Raden Fatah Palembang.

[img]
Preview
Text
SKRIPSI.pdf

Download (1MB) | Preview

Abstract

Untuk mencapai tujuan pembelajaran yang diharapkan, guru dapat menerapkan metode pembelajaran yang dapat meningkatkan kemampuan siswa, yaitu metode. Salah satu metode yang dapat diterapkan untuk mencapai tujuan di atas adalah metode pembelajaran dengan menggunakan metode pembelajaran problem solving. Metode Problem solving adalah suatu cara atau sarana menyajikan pelajaran dengan mendorong peserta didik untuk mencari dan memecahkan suatu masalah/persoalan dalam rangka pencapaian tujuan pengajaran dengan mengaitkan pengalaman dan logika. Metode Problem solving yang digunakan untuk memberikan rangsangan belajar kepada peserta didik untuk dapat membuat mereka berpikir secara nyata dan menganalisis, memecahkan masalah kemudian mengambil kesimpulan dari masalah yang ada. Tujuan penelitian ini 1) Untuk mengetahui pengaruh metode problem solving terhadap kemampuan analisis siswa pada materi pokok upaya pelestarian keanekargaman hayati di Indonesia di kelas X MA Patra Mandiri Plaju, 2) untuk mengetahui kemampuan analisis siswa pada materi pokok upaya pelestarian keanekargaman hayati di Indonesia di kelas X MA Patra Mandiri Plaju, 3) untuk mengetahui analisis pada metode problem solving di materi pokok upaya pelestarian keanekargaman hayati di Indonesia di kelas X MA Patra Mandiri Plaju. Desain penelitian ini menggunakan Nonequivalent Control Group Design dengan metode Eksperimen Semu (quasi eksperiment). Sampel penelitian berjumlah 80 siswa. Berdasarkan hasil analisis kemampuan analisis siswa menunjukkan bahwa pelaksanaan pembelajaran menggunakan metode problem solving lebih baik dari pada pembelajaran konvensional. Hasil analisis peningkatan rata-rata ketuntasan kemampuan siswa kelas eksperimen mencapai 33,3% sedangkan kemampuan siswa di kelas kontrol 19,2%. Kata Kunci: Pengaruh Metode; Kemampuan Siswa; Analisis Metode Problem Solving.

Item Type: Thesis (Undergraduate Thesis)
Subjects: ?? L1 ??
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > 84205 - Pendidikan Biologi
Depositing User: UPT Perpustakaan Pusat
Date Deposited: 20 Sep 2021 07:09
Last Modified: 20 Sep 2021 07:09
URI: http://repository.radenfatah.ac.id/id/eprint/11314

Actions (login required)

View Item View Item