PENERAPAN METODE KAUNY QUANTUM MEMORI DALAM MENINGKATKAN HAFALAN POTONGAN AYAT AL-QUR’AN PADA MATERI MATA PELAJARAN FIQIH KELAS XI MA AL-FATAH PALEMBANG

NINGSI, SEPTIA RURI (2018) PENERAPAN METODE KAUNY QUANTUM MEMORI DALAM MENINGKATKAN HAFALAN POTONGAN AYAT AL-QUR’AN PADA MATERI MATA PELAJARAN FIQIH KELAS XI MA AL-FATAH PALEMBANG. Undergraduate Thesis thesis, UIN RADEN FATAH PALEMBANG.

[img]
Preview
Text
FIX SKRIPSI RURI SEPTIANI.pdf

Download (1MB) | Preview

Abstract

Metode Kauny Quantum Memori dapat menjadi ragam baru bagi pengembangan metode menghafal dalam dunia pendidikan, yang dapat menjadi alternatif bagi guru dalam melaksanakan proses pembelajaran yang menarik dan bermutu karena metode ini mneyenangkan, sehingga tidak membuat siswa merasa tertekan dalam menghafal potongan ayat Al-Qur‟an yang ada pada mata pelajaran Fiqih. Melihat fenomena yang terjadi di MA Al-Fatah Palembang, metode menghafal siswa masih dengan cara lama, sehingga memungkinkan siswa kurang tertarik dalam mengahafal potongan ayat Al-Qur‟an yang ada di mata peljaaran Fiqih. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui meningakatknya hafalan potongan ayat Al-Qur‟an siswa dengan metode Kauny Quantum Memori pada materi hudud Mata pelajaran Fiqih kelas XI.IIS.1 MA Al-Fatah Palembang. Populasi dari penelitian ini seluruh kelas XI tahun ajaran 2018/2019 128 siswa, Teknik pengambilan sampel dalam penelitian ini dilakukan secara acak atau menggunakan teknik Random Sampling yaitu kelas XI.IIS.1 jenis penelitian ini merupakan penelitian Pre-Eksperimental design dengan bentuk One-Group Pretest-postets design, teknik pengumpulan data dilakukkan dengan metode tes, observasi dan dokumentasi. Untuk menghitung penerapan Metode Kauny Quantum Memori dalam meningkatkan hafalan potoangan ayat Al-Qur‟an pada materi Hudud Mata Pelajaran Fiqih di kelas XI.IIS 1. MA Al-Fatah Palembang dengan rumus test “t”. Setelah dilakukkan perhitungan dan analisis data, maka hasil penelitian ini menunjukkan bahwa penerapan metode kauny quantum memori sudah berjalan dengan baik dari setiap pelaksanaan. Hasil hafalan siswa juga tergolong baik. Berdasarkan analisis data dengan menggunakan rumus statistik test “t” ternyata ada perbedaan yang signifikan setelah diterapkannya metode Kauny Quantum Memori dalam meningkatkan hafalan potogan ayat Al-Qur‟an materi hudud mata pelajaran Fiqih MA Al-Fatah Palembang, setelah diketahui nilai uji “t” diperoleh hasil sebesar 3,13 setelah dikonsultasikkan dengan nilai 2,05 2,76, ternyata diketahui bahwa hasil

Item Type: Thesis (Undergraduate Thesis)
Subjects: ?? L1 ??
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > 86208 - Pendidikan Agama Islam (S1)
Depositing User: UPT Perpustakaan Pusat
Date Deposited: 20 Sep 2021 07:11
Last Modified: 20 Sep 2021 07:11
URI: http://repository.radenfatah.ac.id/id/eprint/11334

Actions (login required)

View Item View Item