FIFTIN, ERIKA (2017) PERAN PENDIDIKAN KARAKTER TERHADAP AKHLAK SISWA DI MI MUNAWARIYAH PALEMBANG. Undergraduate Thesis thesis, UIN RADEN FATAH PALEMBANG.
|
Text
skripsi ERIKA FIFTIN 13270030.pdf Download (8MB) | Preview |
Abstract
Skripsi ini disusun berdasarkan penelitian yang dilakukan di MI Munawariyah Palembang. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pelaksanaan pendididkan karakter serta upaya-upaya yang telah dilakukan di Madrasah Ibtidaiyah Munawariyah Palembang. Metode analisis yang digunakan adalah analisis deskriptif dengan menggunakan pendekatan kualitatif. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan observasi, wawancara dan dokumentasi. Selanjutnya dengan melakukan reduksi data (datareduction), kemudian menyajikan data (data display), lalu diambil kesimpulan (conclusion drawing verivication). Hasil penelitian menunjukan bahwa pertama, pelaksanaan pendidikan karakter di MI Munawariyah Palembang berdasarkan pada visi misi sekolah “Reigius, berakhlakul karimah, tekun, dan peduli lingkungan. Dengan misi usaha dalam membentuk dan memperbaiki akhlak/prilaku siswa dari ucapan dan perbuatan dengan memberi keteladan serta ilmu dan pemahaman tentang kebaikan yang dapat diterapkan dilingkungan keluarga, masyarakat bernegara baik kepada orang yang lebih tua atau yang lebih muda. Kedua, pelaksanaan nilai-nilai pendidikan karakter sebagian besar sudah terlaksana antara lain; nilai religius, kesantunan, toleransi, kejujuran, tanggungjawab, kedisiplinan, dan percaya diri. Ketiga, faktor pendukungnya adalah fasilitas cukup memadai dalam proses pelaksanaan pendidikan karakter terhadap akhlak yaitu berupa musholla dan adanya ustadz yang membimbing serta adanya kerjasama antara sekolah dan masyarakat jugalah maka pendidikan karakter dapat terlaksana dengan baik. Selain itu faktor penghambatnya adalahsiswa yang bersekolah di MI Munawariyah berasal darilatar belakang keluarga yang berbeda-beda seperti pendidikan orang tuanya dan pemahaman mereka tentang pentingnya pendidikan karakter terhadap akhlak bagi siswa, namun MI Munawariyah telah memiliki solusi untuk hambatan tersebut yaitu dengan cara mengatasi hambatan tersebut yaitu dengan bekerjasama antarguru dan orang tua melalui pertemuanpertemuan yang membahas masalah prilaku siswa.
Item Type: | Thesis (Undergraduate Thesis) |
---|---|
Subjects: | ?? L1 ?? |
Divisions: | Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > 86232 - Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah |
Depositing User: | UPT Perpustakaan Pusat |
Date Deposited: | 20 Sep 2021 07:11 |
Last Modified: | 20 Sep 2021 07:11 |
URI: | http://repository.radenfatah.ac.id/id/eprint/11337 |
Actions (login required)
View Item |