IMPLEMENTASI PASAL 43 UNDANG-UNDANG REPUBLIK INDONESIA NOMOR 41 TAHUN 2004 TENTANG WAKAF TERHADAP PENGELOLAAN GRAHA DARUSSALAM PALEMBANG MASJID BAITULLAH

AMELIA, ULFA (2019) IMPLEMENTASI PASAL 43 UNDANG-UNDANG REPUBLIK INDONESIA NOMOR 41 TAHUN 2004 TENTANG WAKAF TERHADAP PENGELOLAAN GRAHA DARUSSALAM PALEMBANG MASJID BAITULLAH. Undergraduate Thesis thesis, UIN Raden Fatah Palembang.

[img]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (611kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB II.pdf

Download (504kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB III.pdf

Download (280kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB IV.pdf

Download (496kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB V.pdf

Download (393kB) | Preview
[img]
Preview
Text
LAMPIRAN.pdf

Download (1MB) | Preview

Abstract

Salah satu langkah strategis untuk meningkatkan kesejahteraan umum, perlu meningkatkan peranan wakaf sebagai pranata keagamaan yang tidak hanyabertujuan menyediakan berbagai sarana ibadah dan sosial, tetapi juga memiliki kekuatan ekonomi yang berpotensi, antara lain untuk memajukan kesejahteraan umum, sehingga perlu dikembangkan pemanfaatannya sesuai dengan prinsip syariah. Berdasarkan atas realita tersebut, maka penelitin akan membahas secara komprehensif dengan judul “Implementasi Pasal 43 Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 41 tahun 2004 Tentang Wakaf terhadap pengelolaan Graha Darussalam Palembang Masjid baitullah “. Permasalahan dalam penelitian ini adalah Bagaimana Implementasi Pasal 43 Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 41 tahun 2004 Tentang Wakaf terhadap pengelolaan Graha Darussalam Palembang Masjid baitullah dan Bagaimana tinjauan Hukum ekonomi syariah terhadap pengelolaan Graha Darussalam Palembang. Penelitian ini termasuk kedalam penelitian lapangan yaitu Field Research mengumpulkan data secara langsung pada lokasi penelitian atau tatapan muka langsung ke objek penelitian.Jenis data yang dipakai dalam penelitian ini adalah data kualitatif, yaitu data yang disajikan dalam bentuk kata verbal bukan dalam bentuk angka, Sumber data yang dipergunakan dalam penelitian ini adalah data primer dan data sekunder.Data primer merupakan data yang diperoleh langsung dari sumbernya, melalui hasil wawancara, observasi maupun laporan dalam bentuk dokumen tidak resmi yang kemudian diolah oleh peneliti, Data Sekunder adalah data normatif terutama yang bersumber dari perundang-undangan.Dan data yang diambil dari berbagai literatur baik dalam buku, jurnal. Hasil penelitian Implementasi Pasal 43 Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 41 Tahun 2004 Tentang Wakaf Terhadap Pengelolaan Graha Darussalam Palembang Masjid Baitullah, pengelolaan Graha Darussalam Palembang telah dilakukan secara produktif dan tidak bertentangan dengan Pasal 43 Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 41 Tahun 2004 Tentang Wakaf. Tinjauan Hukum Ekonomi Syariah terhadap pengelolaan Graha Darussalam Palembang tersebut yaitu pengelolaan Graha Darussalam Palembang dilakukan berdasarkan syariat Islam dan dilakukan secara produktif untuk kemaslahatan umat. Saran diharapkan perbanyak sosialilasi atau pelatihan terhadap nazhir sehingga harta benda wakaf yang diwakafkan bisa di kelola dan dikembangkan secara produktif lagi. Perbanyak lagi tanah wakaf untuk diproduktifkan, sehingga tanah yang diwakafkan bisa lebih berguna lagi bagi umat.

Item Type: Thesis (Undergraduate Thesis)
Subjects: Syariah dan Hukum > Hukum (Umum)
Divisions: Fakultas Syariah dan Hukum > 74234 - Hukum Ekonomi Syariah (Mu'amalah)
Depositing User: UPT Perpustakaan Pusat
Date Deposited: 20 Sep 2021 07:11
Last Modified: 20 Sep 2021 07:11
URI: http://repository.radenfatah.ac.id/id/eprint/11342

Actions (login required)

View Item View Item