PEMANFAATAN INTERNET SEBAGAI SUMBER BELAJAR PADA MATA PELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DI SMK PGRI 1 PALEMBANG

ISWANTO, KOJA (2018) PEMANFAATAN INTERNET SEBAGAI SUMBER BELAJAR PADA MATA PELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DI SMK PGRI 1 PALEMBANG. Undergraduate Thesis thesis, UIN RADEN FATAH PALEMBANG.

[img]
Preview
Text
PEMANFAATAN INTERNET SEBAGAI SUMBER BELAJAR PADA MATA PELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DI SMK PGR.pdf

Download (883kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini dilatar belakangi oleh pesatnya perkembangan teknologi sistem informasi dalam dunia pendidikan, berupa internet. Melalui internet siswa dapat mengakses berbagai literatur dan referensi ilmu pengetahuan yang dibutuhkan dengan cepat, sehingga dapat mempermudah proses studinya. Dengan internet juga permasalahan dalam pendidikan dapat teratasi. Oleh karena itu berdasarkan permasalahan rumusan masalah dalam penelitian ini adalah : bagaimana pemanfaatan internet pada mata pelajaran pendidikan agama Islam SMK PGRI 1 Palembang ?, bagaimana keadaan fasilitas internet di SMK 1 Palembang ?, faktor apasajakah yang mendukung dan menghambat dalam penggunaan internet sebagai sumber belajar pada mata pelajaran pendidikan agama Islam di SMK PGRI 1 Palembang ?.Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif dengan lokasi penelitian di SMK PGRI 1 Palembang. Teknik pengumpulan data berupa pengumpulan data melalui wawancara, observasi, dan dokumentasi. Pemeriksaan keabsahan data yang digunakan adalah teknik triangulasi. Analisis data yang digunakan adalah deskriptif kualitatif. Hasil penelitian ini, ada tiga tahap dalam menggunakan internet sebagai sumber belajar Pendidikan Agama Islam yaitu, persiapan, pelaksanaan, dan evaluasi. Siswa biasanya mengakses internet di handphone mereka sendiri yang memiliki layanan internet. Faktor pendukung siswa dalam menggunakan internet sebagai sumber belajar pendidikan agama Islam adalah sumber informasi yang mudah dan cepat di akses, terbatasnya materi pada buku juga menjadikan internet sebagai faktor pendukung siswa dalam menggunakan internet sebagai sumber belajar pendidikan agama Islam, sedangkan faktor penghambat siswa dalam menggunakan internet sebagai sumber belajar pada mata pelajaran pendidikan agama Islam adalah keadaan fasilitas internet berupa wifi terkadang tidak bisa digunakan oleh siswa, dan terbatasnya waktu siswa dalam mengakses internet. Berdasarkan hasil penelitian yang telah dilakukan, saran yang ingin peneliti sampaikan berkaitan dengan hasil penelitian ini yaitu bagi pihak SMK PGRI 1 Palembang agar memberikan kesempatan siswa lebih banyak mengakses internet sebagai sumber belajar dengan cara membuka akses wifi di sekolah sehingga siswa dapat menggunakan fasilitas internet di sekolah dengan optimal. Kepada siswa di SMK PGRI 1 Palembang peneliti menyarankan agar menggunakan internet sebagai akses sumber belajar terutama pada mata pelajaran pendidikan agama Islam

Item Type: Thesis (Undergraduate Thesis)
Subjects: ?? L1 ??
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > 86208 - Pendidikan Agama Islam (S1)
Depositing User: UPT Perpustakaan Pusat
Date Deposited: 20 Sep 2021 07:11
Last Modified: 20 Sep 2021 07:11
URI: http://repository.radenfatah.ac.id/id/eprint/11345

Actions (login required)

View Item View Item