KENDALA-KENDALA YANG DIHADAPI GURU DALAM PELAKSANAAN PENILAIAN SIKAP BERDASARKAN KURIKULUM 2013 PADA MATA PELAJARAN FIQIH DI KELAS VII MTS PARADIGMA PALEMBANG

NUGRAHA, PRAJA (2018) KENDALA-KENDALA YANG DIHADAPI GURU DALAM PELAKSANAAN PENILAIAN SIKAP BERDASARKAN KURIKULUM 2013 PADA MATA PELAJARAN FIQIH DI KELAS VII MTS PARADIGMA PALEMBANG. Undergraduate Thesis thesis, UIN RADEN FATAH PALEMBANG.

[img]
Preview
Text
PRAJA NUGRAHA 13210206.pdf

Download (2MB) | Preview

Abstract

Skipsi ini berjudul :“Kendala- kendala yang dihadapi guru dalam pelaksanaan penilaian sikap berdasarkan kurikulum 2013 pada mata pelajaran Fiqih di kelas VII Mts Paradigma Palembang”. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah (1) Bagaimana pemahaman guru Fiqih dalam penilaian sikap berdasarkan kurikulum 2013 pada mata pelajaran Fiqih di kelas VII MTs Paradigma Palembang ? (2) Apa kendala yang dialami guru Fiqih kelas VIIMTs Paradigma Palembang dalam melakukan penilaian sikap berdasarkan kurikulum 2013 (3) Bagaimana upaya guru Fiqih dalam mengatasi kendala – kendala dalam penilaian sikap berdasarkan kurikulum 2013 di kelas VIIMTs Paradigma Palembang. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui pemahaman, kendala, upaya yang dilakukan guru Fiqih dalam pelaksanaan penilaian sikap sesuai dengan kurikulum 2013. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif dengan jenis penelitian lapangan,untuk memperoleh data digunakan metode wawancara, observasi, dan dokumentasi. Untuk menguji obyektifitas dan keabsahan data digunakan teknik triangulasi sumber. Triangulasi sumber berarti untuk mendapatkan data dari sumber yang berbeda-beda dengan teknik yang sama. Analisis data dilakukan dengan menggunakan model analisis induktif. Sumber data dalam penelitian ini menggunakan data primeryakni sumber data yang dikumpulkan langsung dari informen yaitu guru, Waka Kurikulum, dan siswa yang menjadi objek dalam penelitian ini. Sumber data sekunder adalah yang bersifat penunjang dalam penelitian ini seperti wawancara kepala sekolah, guru bidang studi lain, dokumentasi, literatur-literatur lain yang berkaitan dengan penelitian ini. Berdasarkan hasil penelitian yang telah dilakukan dapat diperoleh informasi bahwa (1) Pemahaman guru Fiqih mengenai penilaian sikap berdasarkan kurikulum 2013 tersebut cukup bagus walaupun masih terbatas karena kurangnya pelatihan. Penjelasan-penjelasan yang dikemukan oleh guru Fiqih juga sesuai dengan teori yang ada (2) Kendala guru Fiqih dalam pelaksanaan penilaian sikapberdasarkankurikulum 2013 diantaranya: penilaian harus dilakukan dengan rubrik yang mencakup semua penilaian sikap sehingga menghabiskan waktu pembelajaran di kelas yang mengakibatkan satu hari tidak semuanya tuntas dilaksanakan, guru merasa berat karena harus menjumlahkan setiap nilai yang diperoleh siswa secara keseluruhan lalu mendeskripsikan hasil nilai yang didapat tersebut kedalam daftar nilai, dan membutuhkan waktu yang lama untuk melakukan penilaian karena siswa yang terlalu banyak dalam satu kelas, serta kurangnya kesediaan buku pegangan guru dan buku pegangan siswa. (3) Upaya yang dilakukan oleh guru Fiqih di MTs Paradigma Palembangdalam mengatasi kendala dalam penilaian sikap adalah dengan semampu mungkin mempersiapkan semuanya seperti membuat angket dan lembar observasi, meminimalisir kecurangan – kecurangan siswa dalam menilai antar teman sejawat dengan mengurutkan sesuai nomer absen, dalam proses penilaian siswa diberikan pengarahan agar tidak terjadi kecurangan pada saatpenilaian aspek afektif, serta guru harus mempelajari sendiri tentang penilaian sikap yang ada pada krikulum 2013

Item Type: Thesis (Undergraduate Thesis)
Subjects: ?? L1 ??
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > 86208 - Pendidikan Agama Islam (S1)
Depositing User: UPT Perpustakaan Pusat
Date Deposited: 20 Sep 2021 07:12
Last Modified: 20 Sep 2021 07:12
URI: http://repository.radenfatah.ac.id/id/eprint/11352

Actions (login required)

View Item View Item