PELAKSANAAN SUPERVISI PENGAWAS PENDIDIKAN AGAMA ISLAM (PAI) PADA KOMPETENSI PEDAGOGIK GURU PAI SEKOLAH LUAR BIASA ( SLB ) DI PROVINSI KEPULAUAN BANGKA BELITUNG

Killa, Killa (2016) PELAKSANAAN SUPERVISI PENGAWAS PENDIDIKAN AGAMA ISLAM (PAI) PADA KOMPETENSI PEDAGOGIK GURU PAI SEKOLAH LUAR BIASA ( SLB ) DI PROVINSI KEPULAUAN BANGKA BELITUNG. Masters thesis, UIN RADEN FATAH PALEMBANG.

[img]
Preview
Text
BAB I tesis.pdf

Download (140kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB II tesis.pdf

Download (350kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB III Tesis.pdf

Download (212kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB IV TESISKU.pdf

Download (230kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB V tesis ku.pdf

Download (40kB) | Preview

Abstract

Supervisi adalah bantuan yang dilakukan oleh pengawas atau supervisor kepada guru atau bawahannya, untuk mendapatkan pelayanan agar mengalami kemajuan secara maksimal dan integral baik secara profesi, maupun kepribadiannya. Supervisi pada kompetensi pedagogik guru, merupakan bentuk supervisi yang dilakukan oleh pengawas untuk mengawasi, membina dan menilai kompetensi pedagogik guru secara keseluruhannya. Menurut penulis, program supervisi yang dilakukan pengawas selama ini kurang atau tidak adanya fokus pada sasaran kompetensi pedagogik khususnya di Sekolah Luar Biasa (SLB ), padahal keterampilan guru dalam pembelajaran di SLB di tuntut lebih dari guru pada sekolah umum lainnya. Untuk itu tujuan dari penelitian ini untuk mengetahui dan menganalisis (1) pelaksanaan supervisi di guru PAI di SLB Provinsi Kepulauan Bangka Belitung, (2) menganalisis kompetensi pedagogik guru PAI di SLB Provinsi Kepulauan Bangka Belitung. Dan (3) mendeskripsikan pandangan pengawas terhadap kompetensi pedagogik guru PAI di SLB Provinsi Kepulauan Bangka Belitung. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian lapangan ( field reseach ), jenis data dalam penelitian ini menggunakan data kualitatif dengan pendekatan postpositivisme, yaitu penelitian pada kondisi objek yang alamiah, dan peneliti sebagai instrumen kunci. Tehnik pengumpulan data dilakukan melalui observasi, wawancara, dan dokumentasi. Adapun temuan peneliti ini mencangkup beberapa hal secara umum sebagai berikut : 1. Pelaksanaan supervisi oleh pengawas PAI di SLBN pada ketiga kabupaen di Provinsi Kepulauan Bangka Belitung dilakukan dengan tiga tahapan, yaitu persiapan supervisi, pelaksanaan, serta evaluasi dan tindak lanjut. Tehnik yang digunakan pengawas adalah metode langsung dan tidak langsung. Metode yang digunakan dalam pelaksanaan supervisi ini adalah metode perseorangan dan kelompok. Jenis supervisi untuk Kabupaten Bangka dan Kabupaten Beltim adalah corective supervision sedangkan untuk Kabupaten Belitung berjenis preventive supervision. 2. Kompetensi pedagogik guru PAI pada tiga SLBN di Provinsi Kepulauan Bangka Belitung dalam sudut pandang peneliti masih sangat kurang. 3. Cara pandang pengawas pada penilain kompetensi pedagogik guru PAI di ketiga SLBN di tiga kabupaten Provinsi Kepulauan Bangka Belitung sebagai penguat dn tolok ukur dari pelaksanaan supervisi pada kompetensi pedagogik guru PAI. Dalam penelilitan ini ditemukan pula bahwa pelaksanaan kepengawasan terhadap kompetensi pedagogik guru PAI tidak berjalan dengan baik, dengan penelitian ini, diharapkan adanya perhatian dari semua pihak untuk perbaikan – perbaikan agar terciptalah kemajuan dalam kegiatan pembelajaran baik pada guru, maupun kinerja pengawas PAI sehingga tujuan pendidikan dapat tercapai. Disamping itu peran serta pemerintah dan instansi terkait untuk memperhatikan kinerja kepengawasan di daerah masing- masing.

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: ?? BP ??
Divisions: Pascasarjana
Depositing User: UPT Perpustakaan Pusat
Date Deposited: 20 Sep 2021 07:12
Last Modified: 20 Sep 2021 07:12
URI: http://repository.radenfatah.ac.id/id/eprint/11358

Actions (login required)

View Item View Item