POLA ASUH ORANG TUA DALAM MENANAMKAN PERILAKU KEBERAGAMAAN REMAJA DI DESA PETANGGAN KECAMATAN BELITANG MULYA KABUPATEN OGAN KOMERING ULU TIMUR

NOVERALISKA, EVINDA (2018) POLA ASUH ORANG TUA DALAM MENANAMKAN PERILAKU KEBERAGAMAAN REMAJA DI DESA PETANGGAN KECAMATAN BELITANG MULYA KABUPATEN OGAN KOMERING ULU TIMUR. Undergraduate Thesis thesis, UIN RADEN FATAH PALEMBANG.

[img]
Preview
Text
EVINDA NOVELARISKA (13210087).pdf

Download (1MB) | Preview

Abstract

Skripsi dengan judul pola asuh orang tua dalam menanamkan perilaku keberagamaan remaja di Desa Petanggan Kecamatan Belitang Mulya Kabupaten Ogan Komering Ulu Timur. Penelitian ini merupakan bentuk penelitian lapangan (field research). Adapun permasalahan yang diangkat dalam penelitian ini adalah Bagaimana pola asuh orang tua di Desa Petanggan Kecamatan Belitang Mulya Kabupaten Ogan Komering Ulu Timur, Bagaimanakah keadaan perilaku keberagamaan remaja di Desa Petanggan Kecamatan Belitang Mulya Kabupaten Ogan Komering Ulu Timur, Faktor apa saja yang mempengaruhi orang tua dalam menanamkan perilaku keberagaman remaja di Desa Petanggan Kecamatan Belitang Mulya Kabupaten Ogan Komering Ulu Timur. Jenis penelitian dalam skripsi ini adalah penelitian kualitatif yaitu prosedur penelitian yang menghasilkan data berupa kata-kata tertulis maupun lisan dari orang-orang atau perilaku yang diamati, dan kemudian dianalisis dengan teknik analisis data kualitatif deskriptif, pengumpulan data yang dilakukan yaitu dengan menggunakan metode observasi di lapangan, wawancara langsung di Desa Petanggan Kecamatan Belitang Mulya Kabupaten Ogan Komering Ulu Timur dan metode dokumentasi. Berdasarkan hasil analisis data dapat diketahui bahwa pola asuh orang tua pada masyarakat Desa Petanggan Kecamatan Belitang Mulya Kabupaten Ogan Komering Ulu Timur khususnya orang tua remaja dalam mendidik anak-anaknya cenderung bersifat otoriter (keras dan kaku). Tindakan demikian itu paling tidak dapat dilihat dalam beberapa corak atau perlakuan yang menunjukkan kebiasaan orang tua remaja dalam mendidik anak-anaknya di desa tersebut, misalnya: remaja harus selalu mematuhi aturan-aturan yang dibuat orang tuanya walaupun tidak sesuai dengan keinginan remaja itu sendiri. Contohnya dalam memilih sekolah. Dan hasil wawancara dengan para orang tua remaja menunjukkan perilaku keberagamaan remaja di Desa Petanggan Kecamatan Belitang Mulya Kabupaten Ogan Komering Ulu Timur.secara umum sebagian sudah baik dan sebagian belum baik, ini terlihat dari sebagian remaja desa Petanggan berkelahi ada yang mengkonsumsi minuman keras pada saat resepsi pernikahan di malam hari dan masih kurangnya aktifitas remaja dalam mengikuti kegiatan keagamaan yang ada di masyarakat. Dan terdapat faktor yang mempengaruhi orang tua dalam menanamkan perilaku keberagamaan remaja di Desa Petanggan Kecamatan Belitang Mulya Kabupaten Ogan Komering Ulu Timur yaitu fitah, keluarga, sekolah dan masyarakat.

Item Type: Thesis (Undergraduate Thesis)
Subjects: ?? L1 ??
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > 86208 - Pendidikan Agama Islam (S1)
Depositing User: UPT Perpustakaan Pusat
Date Deposited: 20 Sep 2021 07:13
Last Modified: 20 Sep 2021 07:13
URI: http://repository.radenfatah.ac.id/id/eprint/11374

Actions (login required)

View Item View Item