PERANAN KEGIATAN GERAKAN LITERASI SEKOLAH DALAM MENINGKATKAN MINAT MEMBACA SISWA DI SMA NEGERI 5 PALEMBANG

SINTIA, SEPTA (2018) PERANAN KEGIATAN GERAKAN LITERASI SEKOLAH DALAM MENINGKATKAN MINAT MEMBACA SISWA DI SMA NEGERI 5 PALEMBANG. Undergraduate Thesis thesis, UIN RADEN FATAH PALEMBANG.

[img]
Preview
Text
SEPTA SINTIA (13210249).pdf

Download (7MB) | Preview

Abstract

SEPTA SINTIA, Peranan Kegiatan Gerakan Literasi Sekolah dalam Meningkatkan Minat Membaca Siswa di SMA Negeri 5 Palembang. Skripsi. Palembang: Program Studi Pendidikan Agama Islam Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan UIN Raden Fatah Palembang. Penelitian ini merupakan penelitian studi kasus dengan menggunakan pendekatan penelitian kualitatif. Permasalahan dalam penelitian ini adalah (1) Bagaimana pelaksanaan kegiatan Gerakan Literasi Sekolah di SMA Negeri 5 Palembang, (2) Bagaimana minat membaca siswa di SMA Negeri 5 Palembang, (3) Bagaimana peranan kegiatan Gerakan Literasi Sekolah dalam meningkatkann minat membaca siswa. Penelitian ini bertujuan untuk (1) Mengetahui pelaksanaan kegiatan Gerakan Literasi Sekolah di SMA Negeri 5 Palembang, (2) Mengetahui minat membaca siswa di SMA Negeri 5 Palembang dan (3) Mengetahui peranan kegiatan Gerakan Literasi Sekolah dalam meningkatkan minat membaca siswa di SMA Negeri 5 Palembang. Pada penelitian ini data yang diperoleh terbagi ke dalam dua jenis data yakni data primer berupa kata-kata yang diucapkan serta perilaku yang ditunjukkan oleh subjek penelitian. Adapun yang kedua data sekunder yakni berupa dokumen�dokumen grafis (tabel, catatan, grafik, dll), foto-foto, beserta rekaman video yang mendukung data primer. Sumber data dalam penelitian ini dipilih secara purposive sampling, sehingga didapati key informan dalam penelitian ini yaitu koordinator Gerakan Literasi Sekolah, adapun informannya yakni siswa kelas XII dan guru-guru. Subjek penelitian dalam penelitian ini diantaranya Koordinator Kegiatan Gerakan Literasi Sekolah (1 orang), siswa kelas XII (17 orang siswa), beserta guru mata pelajaran dan guru wali kelas (5 orang). Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode kualitatif. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini berupa lembar wawancara, lembar observasi dan lembar dokumentasi. Teknik analisis data dilakukan dengan menggunakan metode Miles dan Huberman yang terdiri dari tiga tahap, yaitu reduksi data (Data Reduction), penyajian data (Data Display) dan tahap penarikan kesimpulan (Conclusion Drawing). Teknik analisis data dilakukan secara interaktif dan berlangsung secara terus-menerus sampai tuntas, hingga datanya jenuh. Berdasarkan hasil penelitian ini diketahui bahwa kegiatan Gerakan Literasi Sekolah di SMA Negeri 5 Palembang berlangsung dengan baik selama satu semester pada tahun ajaran 2016. Pembinaan minat membaca melalui kegiatan pembiasaan membaca selama 15 menit yang telah berlangsung selama satu semester di SMA Negeri 5 Palembang belum dapat berperan dalam meningkatkan minat membaca siswa. Hal tersebut disebabkan berbagai kendala, diantaranya minimnya ketersediaan bahan bacaan yang bervariasi dan representatif, tidak adanya pembaharuan buku�buku, keterbatasan dana, serta kurangnya partisipasi dan bantuan dari pihak luar.

Item Type: Thesis (Undergraduate Thesis)
Subjects: ?? L1 ??
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > 86208 - Pendidikan Agama Islam (S1)
Depositing User: UPT Perpustakaan Pusat
Date Deposited: 20 Sep 2021 07:14
Last Modified: 20 Sep 2021 07:14
URI: http://repository.radenfatah.ac.id/id/eprint/11384

Actions (login required)

View Item View Item